Comscore Tracker

Modal Fantastis, 9 Film Hollywood Ini Justru Gagal di Box Office 2019

Tapi rugi di box office belum tentu jelek lho!

Ada banyak film Hollywood yang mewarnai layar bioskop selama 2019. Beberapa film di antaranya dibuat dengan biaya yang besar. Tapi sayangnya, tak semua film-film bermodal fantastis itu mampu mencetak box office.

Kendati ceritanya tak jelek dan layak ditonton, tapi beberapa film yang tayang ini tak mampu menutupi modal produksi yang besar. Ini lah 9 film Hollywood yang gagal mencatatkan diri di box office 2019.

1. Menghabiskan biaya produksi hingga USD25 juta, Serenity hanya mampu meraup USD14,4

Modal Fantastis, 9 Film Hollywood Ini Justru Gagal di Box Office 2019dok. Global Road Television Entertainment

Sutradara: Steven Knight
Pemeran: Anne Hathaway, Matthew McConaughey

Kehidupan damai Baker Dill, seorang nahkoda kapal pelayan mendadak terganggu oleh kehadiran sang mantan istri, Karen. Wanita itu memohon untuk dilindungi dari suaminya yang abusive.  Karen meminta Baker membawa suaminya berlayar lalu membuangnya di antara para hiu. Baker pun harus mengalami dilema memilih mana yang benar dan salah.

Film ini dibintangi dua bintang pemenang Oscar, Anne Hathaway dan Matthew McConaughey. Namun, baik dari segi kritik maupun komersial tetap tak tertolong. Dari modal USD25 juta (sekitar Rp347,8 miliar) Serenity hanya mampu mencetak USD14,4 juta (sekitar Rp200 miliar).

2. The Kid Who Would Be King rugi besar karena cuma bisa meraih pendapatan USD32,1 juta, padahal biaya produksinya mencapai USD59 juta

Modal Fantastis, 9 Film Hollywood Ini Justru Gagal di Box Office 2019

Sutradara: Joe Cornish
Pemeran: Louis Ashbourne Serkis, Tom Taylor, Rebecca Ferguson

Film petualangan fantasi ini tampak begitu menarik. Namun di luar dugaan harus menderita kerugian besar. Meski mendapat review apik dari pengamat film, The Kid Who Would Be King tetap gak bisa mendatangkan banyak pemasukan.

Dari modal awal USD59 juta (sekitar Rp820 miliar), film ini hanya mampu mendulang USD32,1 juta (Rp446,5 miliar). Ugh, pemasukannya gak seajaib ceritanya ya.

3. Digadang-gadang akan meraup keuntungan besar, nyatanya Hellboy II cuma mendapatkan USD44,6 juta

Modal Fantastis, 9 Film Hollywood Ini Justru Gagal di Box Office 2019dok. Lionsgate

Sutradara: Neil Marshall
Pemeran: David Harbour, Milla Jovovich

Hellboy udah sempat sukses di layar lebar pada tahun 2004. Dan sekarang 15 tahun kemudian hikayat sang Pangeran dari Neraka ini kembali diangkat oleh sutradara Neil Marshall. Bedanya, Ron Pearlman digantikan oleh David Harbour. Film terbaru ini mengambil latar sebagai sekuel Hellboy II: The Golden Army (2008). 

Sayangnya, walau sudah menggunakan bintang top dan menghabiskan USD50 juta (sekitar Rp695 miliar), Hellboy 2019 hanya bisa mengeruk USD44,6 juta (sekitar Rp620 miliar). Defisit deh!

4. X-Men: Dark Phoenix cuma mendapatkan pendapatan USD252,4 juta. Tak selisih jauh dengan biaya produksinya yang sebesar USD200 juta

Modal Fantastis, 9 Film Hollywood Ini Justru Gagal di Box Office 2019dok. 20th Century Fox

Sutradara: Simon Kinberg
Pemeran: Sophie Turner, James McAvoy, Michael Fassbender

Setelah beberapa kali ditunda tanggal rilisnya, akhirnya X-Men: Dark Phoenix bakal tayang juga. Film ini berkisah tentang Jean Grey yang mengalami transformasi menjadi Dark Phoenix. Saat melakukan misi penyelamatan berbahaya di luar angkasa, ia terpapar kekuatan cosmic yang mengubahnya jadi salah satu mutan terkuat di dunia.

Walau sangat dinantikan sebagai penutup saga X-Men universe, sayang Dark Phoenix tidak mendapatkan respons seperti yang diharapkan selama ini. Film ini bahkan disebut sebagai salah satu film X-Men paling buruk. Dengan budget USD200 juta, Dark Phoenix hanya mampu mencetak USD252,4 juta atau sekitar Rp3,5 triliun.

Baca Juga: 10 Film Hollywood Terlaris di 2019, Penghasilannya Fantastis!

5. Gemini Man harus puas dengan USD173,2 juta

Modal Fantastis, 9 Film Hollywood Ini Justru Gagal di Box Office 2019dok. Paramount Pictures

Sutradara: Ang Lee
Pemeran: Will Smith, Mary Elizabeth Winstead

Henry Brogan adalah seorang pembunuh bayaran elit. Tiba-tiba ia menjadi sasaran seseorang yang seolah dapat memprediksi setiap gerakannya. Alangkah terkejutnya Henry ketika mengetahui bahwa pria yang berusaha membunuhnya selama ini adalah manusia hasil kloning dirinya yang lebih muda, kuat, dan cepat.

Keberadaan dua Will Smith juga gak terlalu membantu film terbaru Ang Lee ini. Setelah menggelontorkan uang sampai USD138 juta (sekitar Rp1,9 triliun) Gemini Man hanya berhasil mengantongi  USD173,2 juta (sekitar Rp2,4 triliun). Jumlah ini tentu gak cukup mendatangkan keuntungan.

6. Doctor Sleep hanya mampu kumpulkan USD71,8 juta dari budget pembuatan yang mencapai USD55 juta

Modal Fantastis, 9 Film Hollywood Ini Justru Gagal di Box Office 2019dok. Warner Bros

Sutradara: Mike Flanagan
Pemeran: Ewan Mc Gregor, Rebecca Ferguson

Bagi para penggemar film horor legendaris 'The Shining', ini merupakan sekuelnya yang berselang 39 tahun sejak film pertamanya. Masih berdasarkan novel karya Stephen King.
Diceritakan Dan Torrance, putra dari Jack Torrance, telah tumbuh dewasa menjadi seorang alkoholik yang masih trauma dengan kejadian di Hotel Overlook.

Walau film ini menuai komentar positif dari para kritikus film, sayang sekali Doctor Sleep terhitung gagal dari segi komersial. Dari modal USD50 juta (sekitar Rp765 miliar), karya terbaru Mike Flanagan ini hanya mampu menorehkan angka USD71,8 juta (sekitar Rp998,8 miliar).

7. Terminator: Dark Fate tak bisa bawa pulang lebih dari USD261,1 juta padahal telah habiskan dana hingga USD196 juta

Modal Fantastis, 9 Film Hollywood Ini Justru Gagal di Box Office 2019dok. 20th Century Fox

Sutradara: Tim Miller
Pemeran: Linda Hamilton, Arnold Schwarzenegger

Sekuel Terminator terbaru ini spesial karena menghadirkan kembali beberapa cast original dari dua film pertama, seperti Linda Hamilton dan Arnold Schwarzenegger.

Sayangnya, rayuan nostalgia dan fanservice ini tetap gak bisa membuat Terminator: Dark Fate sukses besar di box office. Dengan modal USD196 (sekitar Rp2,7 triliun), film anyar Tim Miller ini cuma berhasil laku hingga USD261,1 (sekitar Rp3,6 triliun). Jumlah yang tak cukup untuk disebut sukses di box office.

8. Charlie’s Angels cuma bisa cetak USD57,7 juta dengan biaya pembuatan mencapai USD55 juta

Modal Fantastis, 9 Film Hollywood Ini Justru Gagal di Box Office 2019dok. Columbia Pictures

Sutradara: Elizabeth Banks
Pemeran: Kristen Stewart, Naomi Scott, Ella Balinska

Setelah 16 tahun berlalu sejak film Charlie's Angels: Full Thortle, akhirnya ada film adaptasi terbaru dari serial jadul ini! Namun, kali ini peran Drew Barrymore, Gwyneth Patrowl, dan Lucy Liu digantikan oleh Kristen Stewart, Naomi Scott, dan Ella Balinska.

Namun Charlie's Angel bernasib sama dengan dua film remake lain seperti Dark Phoenix dan Hellboy gagal untung besar. Dengan modal USD55 juta (sekitar Rp765 miliar), film ini cuma bisa bawa pulang USD57,7 juta (sekitar Rp802,6 miliar).

9. Cats hanya menghasilkan USD38,4 juta dari modal awal USD100 juta! Salah satu kerugian terbesar di Hollywood tahun ini

Modal Fantastis, 9 Film Hollywood Ini Justru Gagal di Box Office 2019vox.com

Sutradara: Tom Hooper
Pemeran: Francesca Hayward, Judi Dench, Idris Elba, Taylor Swift

Yang sedang hangat ya film Cats. Walau dibintangi para selebriti terpopuler dan disutradarai alumni juara Oscar, Cats didera banjir kritik pedas! 

Gak tanggung-tanggung, adaptasi lakon teater Broadway ini dibuat dengan dana USD100 juta (sekitar Rp1,3 triliun). Tapi hingga saat ini pemasukannya hanya berhasil sampai di angka USD38,4 juta (sekitar Rp534 miliar). Bisa jadi ini salah satu kerugian terbesar di industri film Hollywood.

Itu lah 9 film Hollywood yang gagal masuk box office tahun ini. Padahal budget-nya bukan main nilainya. Kamu sudah nonton yang mana?

Baca Juga: 7 Film Superhero Terpopuler di 2019, Bikin Semangat hingga Baper!

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya