Comscore Tracker

12 Tips Parenting Nikita Willy Mengasuh Anak Tanpa Baby Sitter

Mandiri dan tanggap mengasuh anak tanpa bantuan

Aktris Nikita Willy dan suaminya Indra Priawan kompak memutuskan mengasuh anak mereka sendiri yang bernama Issa Xander Djokosoetono sendiri tanpa bantuan baby sitter. Tentu keputusan untuk tidak menggunakan jasa baby sitter bagi kalangan selebriti sekelas Nikita Willy bukan hal mudah. 

Menurut Niki, alasan tidak menggunakan baby sitter karena hingga kini, keduanya masih mampu mengasuh anak sendiri. Apalagi, keduanya sudah terbiasa hidup berdua saja tanpa asisten saat tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat. Kebiasaan itu terbawa hingga ia kembali Jakarta. Apalagi, dirinya sudah memutuskan untuk sepenuhnya menjadi ibu dan sementara waktu tidak mengambil pekerjaan di dunia seni peran. 

Sebelum melahirkan, baik Niki maupun Indra aktif mengikuti workshop dan kelas parenting selama di Amerika. Hal itu membuat keduanya terbiasa untuk mandiri dan paham bagaimana mengasuh anak dengan benar dan aman. Tak heran, banyak warganet yang menilai pasangan ini cukup dewasa dan terlihat matang dan siap untuk menjadi orangtua.

Niki pun beberapa kali membagikan tips parenting yang ia terapkan kepada baby Izz berdasarkan workshop dan kelas parenting yang selama ini ia ikuti. Berikut 12 tips parenting ala Nikita Willy yang bisa jadi inspirasi. 

1. Sebelum melahirkan, Niki dan Indra sudah menyepakati metode parenting yang digunakan dan pembagian peran agar keduanya terlibat dalam mengasuh anak.

12 Tips Parenting Nikita Willy Mengasuh Anak Tanpa Baby SitterNikita Willy, Indra dan Issa. (ig/nikitawillyofficial94)

Baca Juga: 5 Nilai Positif Gaya Parenting ala Nikita Willy, Mandiri Sejak Dini!

2. Sejak newborn sudah sering mengajak ngobrol dengan menatap mata baby Izz untuk mengembangkan kemampuan respon saat berkomunikasi.

12 Tips Parenting Nikita Willy Mengasuh Anak Tanpa Baby SitterNikita Willy dan Issa. (ig/nikitawillyofficial94)

3. Membangun rutinitas seperti kapan waktunya tidur, sarapan, bermain, tidur siang, mandi, makan buah/snack, dll untuk membentuk disiplin waktu.

12 Tips Parenting Nikita Willy Mengasuh Anak Tanpa Baby SitterBaby Issa. (ig/nikitawillyofficial94)

4. Menerapkan rutinitas juga berguna agar orangtua memiliki waktu untuk mengerjakan kegiatan lain, jadi tidak sepenuhnya 24 jam bersama anak.

12 Tips Parenting Nikita Willy Mengasuh Anak Tanpa Baby SitterNikita Willy, Indra dan Issa. (ig/nikitawillyofficial94)

5. Segera mengajak tidur jika anak sudah menunjukkan tanda-tanda lelah atau mengantuk. Jika tidak, anak keburu rewel dan susah untuk ditidurkan.

12 Tips Parenting Nikita Willy Mengasuh Anak Tanpa Baby SitterBaby Issa. (ig/nikitawillyofficial94)

6. Disiplin soal jam tidur anak dengan cara mematikan lampu, menutup jendela dan mengondisikan kamar agar gelap sebagai tanda waktu tidur sudah tiba.

12 Tips Parenting Nikita Willy Mengasuh Anak Tanpa Baby SitterCara menidurkan Baby Issa. (Youtube/Nikita Willy Official)

7. Membacakan buku cerita sebelum tidur untuk membentuk kebiasaan mengenal buku sejak dini.

12 Tips Parenting Nikita Willy Mengasuh Anak Tanpa Baby SitterIndra membacakan buku untuk Issa.(ig/nikitawillyofficial94)

8. Sejak usia 4 bulan, baby Izz tidur di kamar terpisah dengan pantauan CCTV agar tidur lebih nyenyak, berkualitas dan minim gangguan.

12 Tips Parenting Nikita Willy Mengasuh Anak Tanpa Baby SitterNiki, Indra dan Baby Issa. (Youtube/Nikita Willy Official)

9. Menerapkan metode baby lead weaning (BLW) agar bayi dapat mengenali makanan dan melatih koordinasi mata dan cengkraman tangan.

12 Tips Parenting Nikita Willy Mengasuh Anak Tanpa Baby SitterBaby Issa makan. (youtube/Nikita Willy Official)

10. Zero distraction saat makan, termasuk tidak menyodorkan handphone maupun makan di depan televisi.

12 Tips Parenting Nikita Willy Mengasuh Anak Tanpa Baby SitterBaby Issa makan. (youtube/Nikita Willy Official)

11. Mengajak jalan-jalan ke luar rumah agar bayi tidak mudah takut dengan orang baru.

12 Tips Parenting Nikita Willy Mengasuh Anak Tanpa Baby SitterNikita Willy menggendong Issa. (ig/nikitawillyofficial94)

12. Tidak terlalu mengumbar kegiatan bersama anak untuk menghindari mom shaming dan lebih fokus menjaga keintiman dengan sang bslama uah hati.

12 Tips Parenting Nikita Willy Mengasuh Anak Tanpa Baby SitterNikita Willy dan Issa. (ig/nikitawillyofficial94)

Itulah beberapa tips parenting ala aktris Nikita Willy yang bisa jadi inspirasi kalian para calon ibu baru. 

Baca Juga: 10 Momen Nikita Willy dan Keluarga di Jepang, Baby Izz Makannya Lahap

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya