Comscore Tracker

5 Kronologi Singkat Kasus Lee Seung Gi yang Tak Dibayar 18 Tahun

Cukup mengurasi emosi..

Jagat hiburan Korea Selatan kini diramaikan dengan kasus aktor sekaligus penyanyi Lee Seung Gi yang melaporkan agensinya sendiri, Hook Entertainment. Agensi itu ia tuding tidak membayar gaji sekaligus royaltinya sebagai penyanyi selama 18 tahun.

Nama Lee Seungg Gi sendiri memang lebih dikenal sebagai aktor karena membintangi deretan drama korea populer. Sebut saja My Girlfriend is Gumiho, Gu Family Book, Vagabond, Mouse The Law Cafe dan drakor terkenal lainnya. Namun faktanya, pria 35 tahun tersebut debut sebagai penyanyi sejak tahun 2004 dan telah menghasilkan banyak album.

Lalu bagaimana bisa, ia selama 18 tahun berada di agensi yang sama tidak pernah mendapatkan gaji sepeser pun sebagai penyanyi? Berikut 5 kronologi singkat berdasarkan penelusuran dari Dispatch.

Baca Juga: 10 Potret Mesra Lee Se Young dan Lee Seung Gi Bintangi The Law Cafe

1. Perusahaan menyebut Lee Seung Gi sebagai penyanyi non profit. 

5 Kronologi Singkat Kasus Lee Seung Gi yang Tak Dibayar 18 TahunLee Seung Gi. (Youtube/IU Official)

Lee Seung Gi debut sebagai penyanyi pada 5 Juni 2004 di usia 17 tahun dengan lagu alu dengan lagu "Because You're My Girl" di album The Dream of a Moth. Ia bahkan tergolong penyanyi yang aktif mengeluarkan album. Hingga sekarang, tercatat ada 27 album dan 137 lagu yang dihasilkan dari karir bermusik Lee Seung Gi.

Lalu, mengapa Lee Seung Gi tidak menerima upah?

Hook Entertainment selaku perusahaan mengatakan kepada Lee Seung Gi bahwa ia adalah penyanyi non profit. Yang mana biaya untuk produksi, rekaman dan promosi lagu lebih besar dari penghasilan. Sejak saat itu, Lee Seung Gi merasa bahwa ia tak berhak menerima gaji karena aktifitas bermusiknya lebih banyak menghasilkan kerugiaan bagi perusahaan ketimbang keuntungan.

2. Lee Seung Gi bercerita kepada salah satu seniornya dan kecurigaan mulai muncul. 

5 Kronologi Singkat Kasus Lee Seung Gi yang Tak Dibayar 18 TahunLee Seung Gi. (ig/leeseunggi.official)

Pada 29 Januari 2021, Hook Entertainment memberikan bukti keuntungan royalti sebesar 33,6 juta won dan Lee Seung Gi diminta untuk menuliskan tanda terima pajak atas penghasilannya tersebut. Mendengar hal itu, Lee Seung Gi pun senang karena akhirnya ia akhirnya menghasilkan profit di bidang musik. Ia lalu menceritakan hal itu ke salah satu seniornya.

Hal itu malah membuat sang senior bertanya-tanya dan tidak percaya bahwa Lee Seung Gi selama ini dianggap sebagai penyanyi non profit. Terlebih lagi selama 18 tahun, ia aktif mengeluarkan lagu hingga ratusan lagu. Tak sedikit pula lagu-lagunya populer hingga sekarang. 

Hal itu membuat senior Lee Seung Gi memeriksa kembali catatan kontrak Lee Seung Gi sejak awal debut sebagai penyanyi hingga sekarang.

3. Mendapat gaslighting dari perusahaan.

5 Kronologi Singkat Kasus Lee Seung Gi yang Tak Dibayar 18 TahunLee Seung Gi. (Youtube/KBS World TV)

Berkat dorongan sang senior dan untuk meminta kepastian, Lee Seung Gi akhirnya meminta kejelasan kepada perusahaan. Salah satunya tentang transparansi keuangan dari aktifitas promosi dan pendapatannya sebagai penyanyi. Namun perusahaan malah terus melakukan gaslighting kepada Lee Seung Gi dengan mengatakan bahwa ia adalah penyanyi non profit.

Perusahaan kekeh mengatakan bahwa pengeluaran untuk kegiatan produksi lagu dan promosi lebih besar daripada pendapatan yang diterima. Hal itu membuat perusahaan merugi dan tidak ada laba yang dihasilkan dari aktifitas menyanyi Lee Seung Gi.

Perusahaan juga semakin tidak kooperatif dan memojokkan Lee Seung Gi setiap ia menanyakan transparasi keuangan dari aktifitas menyanyinya. Ia pun semakin takut dan segan untuk menanyakan penghasilannya lagi karena perusahaan terus mengatakan bahwa mereka terus mengalami kerugian dari aktifitas bermusik Lee Seung Gi.

Baca Juga: Lee Seung Gi Buka Suara soal Rumor Putus dari Lee Da In

4. Penghasilan yang seharusnya diterima Lee Seung Gi menurut perhitungan Dispatch. 

5 Kronologi Singkat Kasus Lee Seung Gi yang Tak Dibayar 18 TahunLee Seung Gi. (ig/leeseunggi.official)

Dispatch adalah media pertama yang mengangkat kasus Lee Seung Gi ini ke publik. Dalam laporannya, Dispacth mengumpulkan banyak bukti dari kenalan dekat Lee Seung Gi dan laporan keuangan Hook Entertainment.

Berdasarkan laporan Dispatch, sejak tahun 2004 hingga 2022, Hook Entertainment menerima pendapatan sekitar 9,6 miliar won. Angka tersebut diterima berdasarkan royalti, penjualan langsung, keuntungan pasti dari sang penyanyi 35 itu selama berkarir. 

Angka tersebut belum termasuk dari beberapa pendapatan yang belum tercatat sejak tahun 2004-2008 karena data keuangan yang hilang. Sehingga bisa dikatakan, Hook Entertainment menerima pendapatan sekurang-kurangnya 9,6 miliar won.

Lalu di album keenam Lee Seung Gi, tercatat Hook Entertainment mendapat royalti sebesar 131 juta won, penjualan album 341 juta won, dan profit 160 juta won. Dispatch menyimpulkan, pendapatan yang diperoleh dikurangi dengan pengeluaran dan aktifitas promosi, seharusnya perusahaan mendapatkan profit sekitar 860 juta won. Namun faktanya, Lee Seung Gi tidak mendapatkan sepersen pun dari perusahaan. 

Hal itu membuat Lee Seung Gi memutuskan untuk menyewa pengacara untuk kasusnya tersebut. Pada 15 November 2022 kemarin, pihak Lee Seung Gi resmu melayangkan tuntutan terhadap Hook Entertainment.

5. Pihak Hook Entertainment meminta maaf dan kini dalam penyelidikan. 

5 Kronologi Singkat Kasus Lee Seung Gi yang Tak Dibayar 18 TahunLogo Hook Entertainment. (hookenter.com)

Setelah kasus ini viral, CEO Hook Entertainment Kwon Jinyoung akhirnya merilis pernyataan pada 21 November 2022. Sang CEO mengatakan bahwa dirinya menyesal dan malu atas kejadian ini.

Dilansir dari Allkpop, pernyataannya berisi:

Baru-baru ini, ada hal-hal yang tidak menyenangkan tentang perusahaan kami dan saya yang muncul di media, dan terlepas dari apakah itu benar atau tidak, saya merasa malu. Saya malu dan maaf karena semuanya salah saya dan hasil dari kurangnya kebajikan.

Meskipun kami memiliki kewajiban untuk mengkonfirmasi fakta tentang cerita yang saat ini diberitakan atau beredar di publik secara detail, kami meminta pengertian Anda bahwa kami sedang dalam tahap penyelesaian dan kami menahan diri untuk tidak mengungkapkan posisi kami karena mungkin ada menjadi masalah hukum di masa depan.

Sejak 10 November lalu, Hook Entertainment kini sedang dalam pemeriksaan jaksa tentang kasus penggelapan uang dan pendapatan yang tidak dilaporkan.

Jadi untuk sekarang, kita tunggu update selanjutnya dari kasus Lee Seung Gi ya, guys! Semoga kasusnya cepat selesai dan Lee Seung Gi bisa mendapatkan hak yang seharusnya ia terima.

Baca Juga: Artis Korea Jalani Operasi di 2022, Isu Putus Lee Seung Gi-Lee Da In

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya