Comscore Tracker

8 Lagu Kpop Ini Gabungkan Banyak Genre, Seperti Mendengarkan 3 Lagu!

Dari hip hop terus ballad, terus R&B

Lagu K-pop terus berkembang dan tak hanya dinikmati oleh penikmatnya di Asia saja, tapi juga menyebar hingga seluruh dunia. Salah satu indikator perkembangan lagu K-pop ini adalah banyaknya lagu yang keluar dari pakem K-pop. Mereka berani menampilkan lagu yang terdiri banyak genre.

Para agensi dan idol ini tak ingin terperangkap dalam satu genre saja, namun lebih berani dalam menggabungkan tempo, ritme dan melodi yang berbeda dalam satu lagu. Mereka ingin membuktikan bahwa lagu-lagu K-pop terus bereksplorasi dan berinovasi. 

Penggabungan sub-genre dalam sebuah lagu ini juga digadang-gadang akan menjadi tren lagu K-pop di masa mendatang. Dan 8 lagu di bawah ini di antaranya:

1. BTS - Interlude: Shadow

https://www.youtube.com/embed/PV1gCvzpSy0

Lagu solo yang dibawakan oleh Suga BTS ini bak tour de force dalam rap K-pop. Dimulai dengan rap diiringi kekuatan vokal yang sederhana, lalu ritme berubah menjadi chaotic yang hampir tak memiliki irama. Jeniusnya, lagu tak berirama ini berhasil dibawakan Suga sehingga seperti ia membawakan iramanya sendiri. 

Lagu "Interlude: Shadow" merupakan lagu dari seri album BTS "Map of the Soul" yang rilis 2 tahun lalu. 

2. EXO - Tempo

https://www.youtube.com/embed/iwd8N6K-sLk

Meski dirilis pada 2018 lalu, namun lagu "Tempo" milik EXO ini masih terdengar modern. Dimulai dengan lirik dengan harmoni yang pendek, lalu lagu ini tiba-tiba melompat ke irama cepat. Namun kamu jangan terkecoh saat mendengarkan ini. "Tempo" masih akan membawamu ke vibe ballad yang dengan iringan piano jazz sebelum diakhiri dengan perpaduan keduanya gaya tersebut. Keren! 

3. aespa - Next Level

https://www.youtube.com/embed/4TWR90KJl84

aespa adalah salah satu grup yang mau tidak mau harus ditempatkan dalam jajaran pelopor gaya mixed-up K-pop. Konsep AI ultra modern yang mereka representasikan berhasil menyatu dengan sempurna dengan jenis musik ini. "Next Level" diawali dengan musik hip hop yang spunky lalu beralih ke irama R&B dengan beat yang halus, kemudian kembali lagi ke hip hop. 

Meski awalnya terdengar aneh, namun lama kelamaan kamu akan ketagihan. Apalagi kualitas vokal keempat membernya sangat luar biasa. 

4. NCT U - Make A Wish

https://www.youtube.com/embed/tyrVtwE8Gv0

Masuk dalam album kedua NCT dengan format ful grub, lagu "Make A Wish” menampilkan irama hip hop namun dengan vokal ballad yang luar biasa. Lagu ini juga menampilkan whistle atau siulan yang terus menempel di kepalamu. Semua perpaduan hip hop, vokal balada dan siulan ini dijamin akan membuatmu merinding saat mendengarkannya. 

5. NMIXX - O.O

https://www.youtube.com/embed/3GWscde8rM8

Meski termasuk dalam jajaran girl group baru di industri K-pop, bukan berarti grub yang terdiri dari 7 member ini akan bermain aman dengan lagu debut mereka. Lagu "O.O" merupakan gabunhan dari ritme hip hop dengan melodi elektro pop yang membuatmu seperti mendengarkan tiga lagu berbeda sekaligus. Perubahan ketukan ini benar-benar akan membuatmu ingin mendengarkannya lagi dan lagi. 

6. TXT - Eternally

https://www.youtube.com/embed/mxlloUcfUy0

Lagu "Eternally" menjadi sempurna karena memadukan semuanya yang ada dalam dir TXT. Lagu ini menunjukkan TXT sebagai grub yang serbabisa, karena iramanya bolak-balik berpindah dari melodi indah dan halus dengan vokal yang ringan, lalu berubah ke tempi yang cepat dan keras. Kesemuanya ditampilkan secara bersamaan namun sempurna. Apalagi di dalam MV terdapat alur cerita yang membuatmu seperti menonton panggung musikal yang unik. 

Baca Juga: 13 Lagu Suho EXO yang Bisa Jadi Pengobat Rindu EXO-L, Melting!

7. ITZY - 24HRS

https://www.youtube.com/embed/0D-0lWD5FIQ

Lagu "24HRS" dimulai dengan ketukan yang kuat, lalu tiba-tiba beralih ke suara yang manis dan cute dengan ketukan piano. Bagi kamu yang belum terbiasa mendengarkan lagu ini, mungkin kamu seperti tidak sengaja memencet next ke lagu selanjutnya karena lagu "24HRS" memadukan dua genre yang sangat berbeda. 

8. TWICE - Likey

https://www.youtube.com/embed/V2hlQkVJZhE

Meski tidak banyak melompat dari genre satu ke genre lain seperti lagu sebelummya, namun ada bagian yang membuatmu ketagihan saat mendengarkan lagu TWICE ini. Ya, dalam pertengahan lagu, ketukannya tiba-tiba turun. Dari irama cheerful khas TWICE, mendadak berubah ke ketukan hip hop diiringi rap yang dibawakan Dahyun dan Chaeyoung. 

Nah, barusan adalah 8 lagu K-pop yang menggabungkan beberapa genre menjadi satu lagu. Memang banyak pendengar yang awalnya merasa aneh saat mendengarkan lagu dengan gaya mixed-up ini. Namun tak sedikit juga dari mereka yang akhirnya memutar berulang kali dan memasukkannya dalam playlist

Baca Juga: Dua Lagu BTS, Run BTS dan Born Singer, Dilarang Tayang di KBS

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya