Comscore Tracker

Jelang 17 Tahun Debut, Ini 5 Tren K-Pop yang Diciptakan Super Junior

Super Junior pave the way...

Boyband asal Korea Selatan, Super Junior, tak terasa akan merayakan 17 tahun debut mereka tahun ini. Pada 12 Juli mendatang, grub yang debut pada 6 November 2005 itu akan merilis album full-length kesebelas. 

Selama 17 tahun perjalanan karir Super Junior, keluarnya beberapa anggota memang menyita perhatian publik. Namun, prestasi yang diraih SuJu juga telah menarik mata dunia kepada industri hiburan Korea Selatan. Bahkan, kehadiran grup yang saat ini beranggotakan Leeteuk, Heechul, Yesung, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook dan Kyuhyun ini telah membuka jalan tren grup K-Pop di masa depan. Ini dia 5 tren yang diciptakan oleh Super Junior sejak mereka menjalani debut.

1. Grup K-Pop pertama dengan jumlah anggota yang banyak

Jelang 17 Tahun Debut, Ini 5 Tren K-Pop yang Diciptakan Super JuniorSuper Junior saat masih 13 anggota. (Soompi)

Sebelum kehadiran Super Junior, grup K-Pop biasanya hanya beranggotakan tiga sampai enam member saja. Namun, Super Junior memulai debutnya dengan 12 anggota pada 2005. Anggota Super Junior bertambah menjadi 13 saat Kyuhyun bergabung pada tahun 2006.

Setelah Super Junior, banyak grub K-Pop bermunculan dengan anggota belasan bahkan sampai puluhan orang. Sebut saja NCT (23 orang), Seventeen (13 orang), Cosmic Girls atau WJSN (12 orang), EXO (12 orang), Treasure (12 orang) dan lainnya.

2. Mendebutkan anggota sebagai idol K-Pop China pertama

Jelang 17 Tahun Debut, Ini 5 Tren K-Pop yang Diciptakan Super JuniorHangen mantan anggota Super Junior. (koreaboo)

Salah satu mantan member Super Junior bernama Hangeng, merupakan idol K-Pop pertama yang berasal dari China. Awalnya, Hangeng mengikuti audisi untuk menjadi bagian dari grup H.O.T, grub generasi pertama SM Entertainment sebelum Super Junior. Namun SM Entertainment mendebutkannya dalam Super Junior.

Selama melakukan promosi dengan Super Junior, Hangeng menghadapi berbagai kesulitan karena pembatasan visa. Saat itu, ia bahkan hanya diizinkan tampil di siaran televisi tertentu. Untuk bisa tampil bersama grup, Hangeng harus mengenakan topeng di atas panggung sampai pembatasan dicabut. Akhirnya, Hangeng meninggalkan Super Junior pada 2009 dan fokus meniti karir di Tiongkok. Namun, bergabungnya Hangeng dalam grub K-Pop membuka jalan grup setelahnya yang juga memasukkan anggota dari luar Korea mulai dari China, Jepang, Thailand, Filipina, Australia dan lain-lain.

Baca Juga: Bertambah Usia, Ini 6 Talenta Eunhyuk Super Junior yang Mengagumkan 

3. Grup K-Pop dengan sub-unit pertama

Jelang 17 Tahun Debut, Ini 5 Tren K-Pop yang Diciptakan Super JuniorRyeowook Yesung Kyuhyun. (Soompi)

Super Junior adalah grup K-Pop pertama yang memperkenalkan sistem sub-unit pertama. Sub-unit ini merupakan grup di dalam grup yang anggotanya dapat menampilkan gaya musik berbeda dari yang biasanya ditampilkan secara grup lengkap. Sub-unit juga menjadi strategi promosi yang baik saat anggota tidak semuanya dapat berpartisipasi. Super Junior sendiri pernah merilis 5 sub-unit, salah satunya adalah sub-unit KRY yang terdiri dari Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung.

Setelah SuJu, model sub-unit digunakan banyak grup K-Pop dan banyak dari mereka yang sukses besar. Sebut saja GD & TOP (BIGBANG), TTS (Girls' Generation) hingga Orange Caramel (After School).

4.  Kesuksesan Super Junior M di China

Jelang 17 Tahun Debut, Ini 5 Tren K-Pop yang Diciptakan Super JuniorSuper Junior M. (koreaboo)

Berbicara mengenai sub-unit, Super Junior membentuk sub-unit mereka pada tahun 2008 bernama Super Junior M. Grup ini tidak hanya akan fokus promosi di Tiongkok dengan lagu-lagu-lagu berbahasa Mandarin, tetapi mereka juga menambahkan dua anggota baru ke dalam grup.

Super Junior M terdiri dari Hangeng (leader), Siwon, Donghae, Kyuhyun, dan dua anggota baru, Henry dan Zhou Mi. Pengumuman grup ini awalnya tidak diterima dengan baik oleh penggemar di Korea Selatan. Kemudian pihak agensi SM Entertainment mengklarifikasi bahwa Henry dan Zhou Mi hanya akan tampil secara eksklusif dan berpromosi dalam Super Junior M.

Lalu sebulan setelah sub-unit ini dibentuk, Super Junior M berhasil memenangkan "Asia’s Most Popular New Group" di Music King Awards 2008 yang diadakan di Makau. Mereka bahkan menjadi bintang tamu dalam beragam program China. T-ara bahkan menyebut Super Junior telah membantu membuka jalan bagi grup K-Pop untuk berpromosi di China.

5. Lagu "Sorry Sorry" membuat K-Pop mulai lebih banyak disorot

Jelang 17 Tahun Debut, Ini 5 Tren K-Pop yang Diciptakan Super JuniorSorry Sorry. (youtube/SMTOWN)

Pada tahun 2009, Super Junior merilis "Sorry Sorry" di album yang berjudul sama yang viral bahkan sukses besar. Lagu "Sorry Sorry" membawa Super Junior di posisi nomor satu di berbagai chart musik Asia. Sejak saat itu, banyak orang melakukan dance cover lagu tersebut. Salah satu yang viral adalah video narapidana di Filipina yang melakukan dance cover "Sorry Sorry".

Setelah perilisan tersebut, MTV menyebut bahwa lagu tersebut telah "changed K-Pop forever". Sejak saat itu, K-Pop perlahan-lahan masuk ke media Barat. Satu tahun setelahnya, Wonder Girls menjadi grup K-Pop pertama yang memiliki lagu di tangga lagu Billboard's Hot 100 dengan singel hit mereka "Nobody."

Baca Juga: 15 Lagu SM Station yang Dinyanyikan Member Super Junior, Ear-catching!

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya