Comscore Tracker

Gak Melulu Soal Kepuasan di Ranjang, Ini Manfaat Peremajaan Vagina

Bisa muda lagi berarti? hmmm~

Mayoritas perempuan Indonesia masih merasa tabu membahas seluk-beluk kesehatan organ intim. Segala bahasan tentang vagina sering dikaitkan dengan kebutuhan dan kegiatan seksual saja.

Padahal ada banyak aspek kesehatan yang perlu dipahami sedini mungkin, salah satunya tentang peremajaan vagina.

Apalagi bagi perempuan yang sudah menikah dan melahirkan, elastisitas dan kekencangan vagina bisa menurun seiring berjalannya waktu.

Gak cuma demi kepuasan seksualmu dan pasangan, simak nih pentingnya manfaat peremajaan vagina bagi setiap perempuan.

1. Otot vagina mengendur disebabkan oleh beberapa hal

Gak Melulu Soal Kepuasan di Ranjang, Ini Manfaat Peremajaan Vaginaromper.com

Selain pengaruh usia dan menopause, otot vagina bisa mengendur karena proses persalinan normal serta frekuensi hubungan seksual. Makanya, perempuan yang sudah menikah disarankan lebih perhatian pada kesehatan organ intimnya.

Sama seperti otot-otot di bagian tubuh lain, semakin sering dipakai maka elastisitasnya mengendur dan mudah lelah.

2. Peremajaan vagina penting untuk elastisitas otot pelvic

Gak Melulu Soal Kepuasan di Ranjang, Ini Manfaat Peremajaan Vaginaahchealthenews.com

Mengendurnya otot vagina jangan cuma dikaitkan dengan kepuasan seksual. Ada ancaman lain yang lebih serius yaitu elastisitas otot pelvic.

Otot pelvic atau PC (Puboccocygeus) berada di sekeliling organ intim yang berfungsi mengatur daya cengkeram vagina. Jika otot PC mengendur, kemampuan kontrol kandung kemih ikut menurun.

Dampaknya gak main-main lho, kamu bisa gak sadar saat air kencing keluar dengan sendirinya. Otot PC ini juga berperan besar terhadap fungsi saluran kencing.

3. Gak bisa dimungkiri, otot vagina yang sehat bikin perempuan lebih percaya diri

Gak Melulu Soal Kepuasan di Ranjang, Ini Manfaat Peremajaan Vaginaunsplash/kylebroad

Senada dengan masalah disfungsi ereksi pada laki-laki, mengendurnya otot vagina bikin perempuan kurang percaya diri dalam hubungan seksual.

Kemampuan vagina mencengkeram menurun, sehingga mengurangi sensasi hubungan seksual bagi dirinya sendiri dan pasangan. Makanya jangan anggap sepele ya kesehatan otot organ intim ini.

Baca Juga: Buat Cewek, Ini 5 Tanda Kamu Telah Mengalami Kekeringan Vagina

4. Kapan seorang perempuan butuh meremajakan vagina?

Gak Melulu Soal Kepuasan di Ranjang, Ini Manfaat Peremajaan Vaginamedicalnewstoday.com

Kalau bertanya soal kapan seorang perempuan membutuhkan terapi peremajaan vagina, maka dirimu sendiri yang bisa menjawab. Kenali tanda-tanda pengenduran otot vagina untuk menentukan tindakan selanjutnya.

Tanda yang paling bisa dirasakan adalah saat berhubungan seksual dan buang air kecil. Jika kamu merasa mulai sulit mengatur laju keluarnya air kencing, jangan ragu berkonsultasi pada dokter.

5. Gak harus operasi, peremajaan vagina bisa menggunakan cara alami

Gak Melulu Soal Kepuasan di Ranjang, Ini Manfaat Peremajaan VaginaPixabay/zerocool

Peremajaan vagina bisa dilakukan melalui beberapa cara, yang paling populer adalah operasi vaginoplasty. Tentu saja ada pro kontra, vaginoplasty sama dengan melakukan bedah otot vagina yang bisa memengaruhi fungsi syaraf.

Tenang, ada cara alami kok buat meremajakan vagina tanpa operasi. Bisa dengan berolah raga dan senam kegel, menggerakkan otot vagina seperti sedang menahan kencing. Rutin melakukan gerakan ini bisa membantu menjaga elastisitas otot vagina.

Melihat betapa pentingnya kesehatan organ intim bagi perempuan, yuk jangan lagi menganggap bahasan ini sebagai hal tabu. Manfaatnya banyak banget lho jika kamu memahami kebutuhan organ intimmu.

Baca Juga: Resah Karena Kulit Area Vagina Lebih Gelap? Ketahui Dulu 7 Hal Ini!

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya