Comscore Tracker

Kamu Sebaiknya Tahu, 7 Gejala Penyakit Batu Ginjal yang Bisa Dideteksi

Mulai gelisah hingga kencing berdarah

Banyak orang menyepelekan faktor-faktor yang bisa memicu penyakit batu ginjal. Penyakit ini disebabkan oleh makanan dan kondisi kesehatan. Selain itu, batu ginjal juga penyakit turunan.

Awalnya zat-zat limbah di dalam darah itu akan mengendap di dalam ginjal. Lalu lama kelamaan akan mengkristal menyerupai batu.

Oleh sebab itu, kamu perlu tahu 7 awal gejala munculnya penyakit batu ginjal yang bisa menyerang siapa saja. Berikut gejala-gejala batu ginjal yang bisa kamu ketahui dengan mudah.

1. Sakit perut dan sakit punggung

Kamu Sebaiknya Tahu, 7 Gejala Penyakit Batu Ginjal yang Bisa Dideteksikevinmd.com

Dikutip dari Healthline.com, sakit perut dan sakit pinggung bisa jadi adalah awal munculnya penyakit batu ginjal. Gejala ini paling umum terjadi.

Biasanya perut bagian samping, punggung bagian bawah, pinggang, selangkangan, bahkan testis akan terasa nyeri. Jika rasa nyeri semakin kuat, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

2. Mual hingga muntah

Kamu Sebaiknya Tahu, 7 Gejala Penyakit Batu Ginjal yang Bisa Dideteksisouthcoastsun.co.za

Penyakit batu ginjal juga diawali dengan gejala berupa rasa mual, bahkan sampai muntah. Gejala seperti ini umum dimiliki oleh banyak macam penyakit.

3. Sering dan sakit ketika buang air kecil

Kamu Sebaiknya Tahu, 7 Gejala Penyakit Batu Ginjal yang Bisa Dideteksiidre.am

Sering buang air kecil dan terasa nyeri terjadi karena batu ginjal berpindah ke kandung kemih. Batu ginjal dapat mengiritasi dan menyebabkan organ terasa terbakar. Gejala ini juga bisa jadi merupakan gejala medis dari infeksi saluran kemih atau penyakit menular seksual.

Baca Juga: Ini 5 Komplikasi Penderita Gagal Ginjal Kronis Yang Wajib Kamu Tahu!

4. Warna urine berubah keruh dan bau tidak sedap

Kamu Sebaiknya Tahu, 7 Gejala Penyakit Batu Ginjal yang Bisa Dideteksiytimg.com

Dilansir dari mayoclinic.org, warna keruh (kecokelatan atau kemerahan) terjadi karena batu ginjal melewati saluran kemih dan merusak tabung kecil yang membawa urine keluar dari tubuh. Lekas ke dokter jika gejala ini muncul.

5. Gelisah

Kamu Sebaiknya Tahu, 7 Gejala Penyakit Batu Ginjal yang Bisa Dideteksinews.uthscsa.edu

Munculnya batu ginjal juga ditandai dengan perasaan gelisah. Penderitanya sering merasa tak nyaman saat istirahat karena sulit menemukan posisi tidur yang tepat.

6. Gejala flu

Kamu Sebaiknya Tahu, 7 Gejala Penyakit Batu Ginjal yang Bisa Dideteksird.com

Batu ginjal yang terjebak di saluran kemih menyebabkan terjadinya gejala flu, yaitu demam, menggigil, mual dan kelelahan. Mungkin kamu akan berpikir bahwa itu cuma flu, padahal tidak.

7. Buang air kecil disertai darah

Kamu Sebaiknya Tahu, 7 Gejala Penyakit Batu Ginjal yang Bisa DideteksiIlustrasi/kennethbrownmd.com

Dilansir dari kidneyfund.org, pendarahan dalam urine atau hematuria terjadi karena batu ginjal dan ureter. Darah yang terekskresi bersama urine ini menyebabkan urine berwarna gelap.

Nah, itu lah 7 awal gejala penyakit batu ginjal yang harus kamu ketahui sedini mungkin. Kalau kamu merasakan gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk periksa. Tetap jaga kesehatan ya.

Baca Juga: Penelitian Unik: Naik Roller Coaster Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit Batu Ginjal!

Topic:

  • Dida Tenola

Just For You