Comscore Tracker

Mau Menikah? Ini Tes Kesehatan yang Harus Dilalui Calon Pengantin

Panjang sih, tapi demi kesehatan gapapa deh

Pernikahan merupakan salah satu momen yang sakral nan penting bagi setiap orang. Oleh karena itu, semua hal harus dipersiapkan dengan baik. Tak hanya soal teknis resepsi, kesehatan juga harus menjadi fokus utama sebelum kalian mengucapkan janji suci.

Nah, buat kalian yang mau menikah, ada tes kesehatan untuk memastikan bahwa kalian siap secara medis. Dikutip dari laman Bride Story, berikut adalah 6 tes kesehatan wajib bagi para calon pengantin.

1. Tes HIV dan penyakit seksual menular

Mau Menikah? Ini Tes Kesehatan yang Harus Dilalui Calon Pengantinrferl.org

Yang pertama adalah tes HIV dan penyakit menular seksual. Penyakit ini apabila tak ditangani sejak dini akan bertahan seumur hidup dan bisa memburuk!

Penyakit menular seksual lain yang bisa diidentifikasi lewat tes kesehatan pranikah adalah gonore, sifilis, vaginosis bakteri dan kutil pada kelamin. Pengetahuan tentang status diri sendiri dan pasangan berguna untuk menentukan apakah kita akan melanjutkan pernikahan atau tidak. Selain itu, jika dideteksi sejak dini, penyakit tersebut memiliki kemungkinan sembuh yang lebih tinggi.

3. Tes kompabilitas darah

Mau Menikah? Ini Tes Kesehatan yang Harus Dilalui Calon Pengantindeakin.edu

Selain tes HIV dan penyakit seksual menular, tes darah juga perlu dilakukan. Ini untuk mengetahui apakah golongan darah kita dan pasangan kompatibel. Golongan darah yang tidak kompatibel bisa memicu berbagai problem kesehatan, seperti masalah rhesus negatif dan rhesus positif yang menimbulkan masalah kehamilan, terang laman Femina.

Perempuan dengan rhesus negatif yang menikah dengan laki-laki rhesus positif akan mengalami ketidakcocokan rhesus. Ini adalah kondisi di mana antibodi dalam darah perempuan hamil akan menghancurkan sel-sel darah bayinya. Kemungkinan terburuk, akan menimbulkan keguguran dan kematian janin!

4. Tes kondisi medis genetik dan penyakit kronis

Mau Menikah? Ini Tes Kesehatan yang Harus Dilalui Calon Pengantinprodia.co.id

Tak hanya itu, tes kesehatan pranikah juga bisa mendeteksi penyakit kronis dan kondisi medis genetik. Tes ini memungkinkan pasangan untuk mencari perawatan medis sebelum masalah kesehatan tersebut mencapai tahap atau stadium akhir, jelas laman Femina.

Setidaknya, sebelum menikah harus ada screening untuk diabetes, hipertensi, thalassemia, kanker hingga penyakit ginjal. Bersyukurlah jika tak ada masalah kesehatan serius yang diderita olehmu atau pasangan. Namun, apabila ada, kalian bisa langsung mencari penanganan terbaik!

Baca Juga: 7 Tes Kesehatan Ini Perlu Banget Dilakukan Generasi Millennials

5. Tes kesuburan

Mau Menikah? Ini Tes Kesehatan yang Harus Dilalui Calon Pengantinsingaporemotherhood.com

Bagi pasangan menikah yang berencana memiliki anak, ini mutlak untuk dilakukan. Tes kesehatan ini berguna untuk mengetahui kesuburanmu dan pasangan. Untuk laki-laki, tes ini meliputi tes sperma, seberapa banyak dan bagaimana kualitas sperma.

Untuk perempuan, tes ini berupa pap smear, yakni tes yang bisa mendeteksi kanker servis dan penyakit menular seksual lain. Dokter juga akan mengecek kadar progesteron dalam darah. Jika ada peningkatan hormon progesteron, akan menunjukkan masa ovulasi dari perempuan tersebut.

Selain analisis sperma dan hormon, perlu dilakukan USG terhadap panggul perempuan. Ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana nantinya jika hamil dan akan melahirkan anak. Jika kondisi panggul tidak memungkinkan untuk melahirkan anak, dokter akan menyarankan perempuan tersebut untuk operasi caesar.

5. Tes untuk mendeteksi diabetes, hepatitis B dan penyakit ginjal

Mau Menikah? Ini Tes Kesehatan yang Harus Dilalui Calon Pengantinsch-culvercity.com

Belum selesai. Selain beberapa tes di atas, masih ada tes lanjutan yang dilakukan untuk mendeteksi penyakit-penyakit tertentu, seperti diabetes mellitus, hepatitis B atau penyakit ginjal.

Untuk mengetahui diabetes mellitus, dilakukan tes gula darah. Ada pula tes urine untuk memantau fungsi ginjal dan penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih. Tak lupa, ada tes HBsAG untuk mengetahui adanya penyakit hepatitis B, ungkap Bride Story.

6. Tes untuk mengetahui adanya virus berbahaya atau tidak

Mau Menikah? Ini Tes Kesehatan yang Harus Dilalui Calon Pengantinmedicalnewstoday.com

Biar lebih aman, kamu juga bisa melakukan tes TORCH untuk mendeteksi infeksi yang disebabkan oleh parasit toksoplasma, virus rubella, virus cytomegalo (CMV) dan virus herpes yang bisa menyebabkan cacat pada janin dan meningkatkan risiko bayi terlahir prematur.

Selain itu, juga ada tes tingkat sedimentasi eritrosit yang dilakukan untuk mengetahui apakah ada proses peradangan atau tidak. Tes darah juga dilakukan untuk mengetahui apakah darah normal atau abnormal, yang bisa menunjukkan gejala penyakit thalassemia.

Baca Juga: 6 Keluhan yang Sering Dirasakan pada Trimester Pertama Kehamilan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya