Comscore Tracker

Banjir Datang, Waspadai 8 Penyakit Ini

Semoga korban banjir mendapat perawatan yang memadai 

Hujan deras yang terjadi sejak Selasa (31/12), membuat Jakarta dikepung banjir. Tak hanya Jakarta, beberapa wilayah di sekitarnya seperti Bekasi, Tangerang, dan Depok juga terimbas. Tak sekadar melumpuhkan aktivitas warga, banjir juga membuat beberapa penyakit bisa datang.World Health Organization (WHO) bahkan mengasosiasikan banjir dengan penyebaran infeksi penyakit.

Salah satu kasus yang paling parah terjadi di Sudan pada 1980. Saat itu, wabah diare menyebar karena adanya banjir. Diperkirakan kasus itu disebabkan oleh padatnya jumlah penduduk di area tersebut hingga membuat semua air terkontaminasi, termasuk air minum.

Lewat data-data di masa lalu, WHO memberikan daftar penyakit-penyakit yang berpotensi untuk tersebar dan mewabah lewat banjir. Terdapat dua macam tipe penyakit, yaitu penyakit yang terbawa air dan penyakit yang terbawa perantara. Berikut ini adalah penyakit-penyakit tersebut. 

Penyakit yang terbawa air

1. Tifus yang disebabkan bakkteri Salmonella thyphi

Banjir Datang, Waspadai 8 Penyakit Iniinfectiousdiseaseadvisor.com

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi. Penderitanya mengalami gejala demam, sakit kepala, nyeri otot, batuk kering, kehilangan nafsu makan, hingga diare. Pengobatan penyakit tifus adalah dengan meminum antiobitik yang diberikan dokter serta banyak minum untuk menggantikan cairan yang hilang akibat diare dan demam.

2. Kolera bisa menular pada daerah padat penduduk

Banjir Datang, Waspadai 8 Penyakit Inithenational.ae

Selain tifus, kolera juga bisa datang saat banjir. Gejala paling jelas dari penyakit ini adalah sang penderita akan mengalami dehidrasi akibat diare parah. Jika dibiarkan, tentu saja dapat mengancam nyawa penderitanya.

Permasalahannya tidak semua orang mendapatkan gejala tersebut. Kolera umumnya menular di area yang padat penduduk dan memiliki sanitasi yang buruk dan dapat ditularkan lewat tinja penderita.

3. Leptospirosis, penyakit yang datang dari hewan

Banjir Datang, Waspadai 8 Penyakit Inipig-world.co.uk

Leptospirosis adalah penyakit yang datang dari hewan. Penyakit ini disebarkan oleh urine atau darah sang penderita. Penderitanya biasanya mual dan muntah, sakit kepala, diare, demam, ruam hingga perubahan warna di mata. Yang mengerikan dari Leptospirosis adalah penyakit ini dapat ditularkan lewat paparan air atau tanah yang terkontaminasi.

4. Hepatitis A, penyerang sel hati manusia

Banjir Datang, Waspadai 8 Penyakit Inieverydayhealth.com

Dibawa oleh virus, penyakit ini menyerang sel hati manusia. Kasus di Asia Tenggara sendiri cukup tinggi. Untuk tiap tahunnya, 400 ribu orang diperkirakan terinfeksi dan mampu menewaskan 800 jiwa.

Menyedihkan adalah penderita hepatitis A juga banyak diderita anak-anak. Gejala parah dari penyakit ini adalah tinja yang berwarna pucat, urine yang menggelap, gatal-gatal dan sakit kuning.

Baca Juga: Rawan Penyakit, Ini 5 Tips Agar Tetap Sehat di Musim Hujan

Penyakit yang terbawa perantara

1. Malaria

Banjir Datang, Waspadai 8 Penyakit Ininbcnews.com

Parasit yang dibawa oleh nyamuk adalah awal dari penyakit ini. Lewat satu gigitan, malaria ditularkan dari nyamuk ke penderita. Malaria jarang sekali menular secara langsung dari satu orang ke yang lainnya karena memerlukan kontak darah dari sang penderita, akan tetapi bukan tidak mungkin itu terjadi. Malaria ditunjukkan dengan adanya gejala demam, berkeringat, kedinginan, nyeri otot sampai muntah-muntah.

2. Demam berdarah

Banjir Datang, Waspadai 8 Penyakit IniANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Kasus ini sedang meningkat di Indonesia, pada Bulan Januari ini. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yang hidup di wilayah tropis dan subtropis.

Penyakit ini sering disalahartikan sebagai gejala tifus karena gejalanya mirip. Untuk stadium parah, sang penderita bisa mendapatkan pendarahan lewat muntah darah.

3. Demam kuning

Banjir Datang, Waspadai 8 Penyakit Inibestlifeonline.com

Gejala demam kuning sangatlah jelas: penderita akan demam dan warna kulitnya menguning karena adanya penurunan fungsi hati. Di fase awal, tidak banyak gejala yang ditunjukkan.

Namun mulai masuk ke fase akut, sang penderita akan mulai demam, sakit kepala dan pusing, sensitif terhadap cahaya serta adanya perubahan warna merah di area mata, wajah dan lidah. Fase toksik dapat terjadi, tetapi itu sangat jarang terjadi.

4. Demam West Nile

Banjir Datang, Waspadai 8 Penyakit Inidrweil.com

Penyakit ini jarang terdengar orang, karena jarang terjadi di Indonesia,. Namun sekalinya terjadi, demam West Nile dapat menyerang otak. West Nile lebih rawan diderita oleh orang-orang lanjut usia.

Hampir tidak ada gejala dari penyakit ini. Kalaupun ada, itu adalah gejala-gejala penyakit umum, seperti flu, batuk dan nyeri otot. Infeksi parah akan terlihat dari gejala leher kaku dan kebingungan.

Berbagai penyakit ini tentu saja dapat dihindari asalkan kamu tidak masuk ke area yang kotor dan tidak higienis. Hampir mustahil memang di musim banjir seperti ini, tapi itu tetap bisa dilakukan kok.

Baca Juga: Kenapa Hujan Bikin Sakit? Ini 7 Penyakit Umum yang Rentan Menyerangmu!

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya