Comscore Tracker

7 Kebiasaan yang Tak Kamu Sadari Bisa Meningkatkan Gula Darah

Wah, hati-hati

Kadar gula di dalam darah bisa menjadi indikator kesehatan. Jika kadarnya terlalu tinggi, potensi penyakit seperti diabetes bisa dengan mudah datang. Ternyata, ada beberapa kebiasaan yang sering tanpa disadari bisa membuat kadar gula darah meningkat. Berikut adalah 7 di antaranya.

1. Tak hanya meninggalkan polutan, merokok juga meningkatkan kadar gula darah

7 Kebiasaan yang Tak Kamu Sadari Bisa Meningkatkan Gula DarahPexecom/Fotografirende

Kegiatan yang satu ini memang mendatangkan berbagai efek negatif. Selain menyisakan polutan dalam tubuh, merokok juga bisa meningkatkan kadar gula darah. Dikutip dari cdc.gov, nikotin pada rokok dapat meningkatkan kadar gula darah. Perokok yang mengidap diabetes akan membutuhkan dosis insulin yang lebih besar untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.

2. Malas bergerak membuat glukosa tak tercerna dengan baik

7 Kebiasaan yang Tak Kamu Sadari Bisa Meningkatkan Gula Darahelkhabar.com

Bermalas-malasan atau kurang gerak juga bisa meningkatkan kadar gula darah. Hindari tidur setelah makan karena glukosa jadi sulit dicerna. Dikutip dari impella.com, aktivitas dan gerakan bisa membantu tubuh mengolah glukosa lebih efektif.

3. Kurang minum juga bisa memacu naiknya gula darah

7 Kebiasaan yang Tak Kamu Sadari Bisa Meningkatkan Gula Darahskinnyms.com

Sudah ada standar bagi setiap orang untuk mengonsumsi minimal 2 liter air dalam sehari. Jika di bawah itu maka akan ada efek yang kurang baik bagi tubuh seperti meningkatnya kadar gula darah. Kurang minum bisa membuat tekanan darah meningkat dan menghasilkan hormon stres yang menyebabkan naiknya gula darah.

Baca Juga: Memahami Kadar Gula Darah Normal Tubuh untuk Ketahui Diabetes

4. Jangan salah, begadang juga bisa jadi pemicu

7 Kebiasaan yang Tak Kamu Sadari Bisa Meningkatkan Gula Darahunsplash.com/Matthew T. Rader

Jika kalian suka begadang sampai kurang tidur maka ubahlah pola hidup kalian mulai dari sekarang. Selain meningkatkan tekanan darah, kurang tidur juga bisa membuat gula darah naik. Rasa lapar pun cepat muncul saat kekurangan tidur sehingga bisa membuat kalian ingin mengonsumsi makanan-makanan yang bisa memicu gula darah naik.

5. Tidak sarapan

7 Kebiasaan yang Tak Kamu Sadari Bisa Meningkatkan Gula DarahPexels/Julian Jagtenberg

Sarapan sangat dianjurkan oleh para pakar kesehatan karena banyak sekali manfaat untuk aktivitas setelahnya. Melewatkan sarapan bisa berdampak pada meningkatnya gula darah. Pada webmd.com disebutkan bahwa ketika kita melewatkan sarapan, pankreas tidak bisa menghasilkan insulin dengan maksimal sehingga kadar gula darah meningkat.

6. Mengonsumsi kopi dan teh

7 Kebiasaan yang Tak Kamu Sadari Bisa Meningkatkan Gula Darahunsplash.com/Jtylernix

Kopi dan teh dikenal dengan minuman yang mengandung kafein. Sebuah penelitian menyebutkan kafein bisa mempengaruhi kadar gula darah. Dikutip dari webmd.com, orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 250 mg pil kafein mengalami kenaikan gula darah 8 persen lebih tinggi ketimbang hari-hari biasa yang tidak mengonsumsi kafein.

7. Mengonsumsi bir dan anggur

7 Kebiasaan yang Tak Kamu Sadari Bisa Meningkatkan Gula Darahthespruceeats.com

Mengonsumsi minuman seperti bir dan anggur juga bisa mempengaruhi kadar glukosa. Selain itu, kandungan alkohol pada bir bisa menstimulasi rasa lapar tubuh sehingga keinginan untuk makan meningkat yang tentunya berisiko menaikkan kadar gula darah.

Itulah 7 kebiasaan yang tanpa disadari bisa meningkatkan kadar gula darah tubuh. Mulai sekarang, ubah pola hidup kalian menjadi lebih sehat ya supaya terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya!

Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Gula Darah yang Efektif dan Alami Cegah Diabetes

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya