Comscore Tracker

Tangkal Virus dan Bakteri, Tingkatkan Imun Tubuh dengan Vitamin A

Yuk rajin makan wortel, kangkung, dan bayam

Surabaya, IDN Times - Kita harus peduli dengan kesehatan. Terlebih pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Mengongsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, hingga suplemen sangat dianjurkan untuk menjaga imun tubuh.

Dr. Andrianto, SH, M.Kes, Ketua Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) dan Ketua Tim Pangan dan Gizi Pemprov Jatim pun menjelaskan cara agar tetap sehat untuk menjaga diri dari COVID-19. Simak penuturannya di bawah ini!

1. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Tangkal Virus dan Bakteri, Tingkatkan Imun Tubuh dengan Vitamin Aimperial.ac.uk

Tubuh kita memiliki miliaran sel. Ada sel yang sehat, ada pula sel yang sakit. Sel ini akan dilindungi oleh antioksidan atau anti radikal bebas. Menurut Dr. Andrianto, jika kita sering mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, maka kita tidak gampang jatuh sakit saat ada bibit penyakit atau virus.

"Antioksidan ini terdapat di vitamin A, C, E dan selenium, yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita," ujar Dr. Andrianto menjelaskan dalam program Healthy Lifestyle, talkshow di Radio Suara Surabaya pada Senin siang (6/4).

2. Tapi, vitamin A lebih efektif untuk melindungi kita

Tangkal Virus dan Bakteri, Tingkatkan Imun Tubuh dengan Vitamin Avitacost.com

Dari vitamin A, C, E dan selenium, mana yang paling efektif? Dr. Andrianto mengatakan vitamin A adalah yang paling memproteksi kita. Vitamin A akan membantu limfosit (sel darah putih) untuk bekerja lebih efektif. Mengapa bukan vitamin C?

"Vitamin C juga antioksidan, tetapi vitamin A lebih efektif untuk menangkal virus dan bakteri. Jika seseorang kekurangan vitamin A, maka ia akan mudah jatuh sakit, apalagi jika daya tahan tubuhnya rendah," tutur Dr. Andrianto.

3. Kamu bisa temuak vitamin A di wortel, kangkung, dan bayam

Tangkal Virus dan Bakteri, Tingkatkan Imun Tubuh dengan Vitamin Aegypttoday.com

Di pemahaman kita, makanan yang kaya vitamin A adalah wortel. Padahal, ada banyak sayuran dan buah lain yang mengandung vitamin A. Misalnya bayam, kangkung, bengkoang, brokoli dan pepaya. Selain itu, vitamin A juga bisa ditemukan di hati sapi, hati ayam, otak sapi dan jerohan.

"Mungkin, sebagian orang akan khawatir kolesterol jahat saat makan hati atau jerohan. Padahal, kolesterol jahat itu ada di minyak jelantah dan santan yang dipakai berulang-ulang," terang Dr. Andrianto.

4. Kurangi makanan yang tinggi kolesterol jahat

Tangkal Virus dan Bakteri, Tingkatkan Imun Tubuh dengan Vitamin Atasteofhome.com

Menurut Dr. Andrianto, jika virus tertelan dan masuk ke usus, maka virus itu akan mati. Virus memiliki tonjolan sebagai perekat yang tersusun dari protein atau enzim. Virus ini akan melekat di makanan yang tinggi kolesterol jahat atau low-density lipoproteins (LDL).

"Oleh karena itu, kurangi makanan yang tinggi kolesterol jahat. Misalnya, gorengan, minyak yang digunakan lebih dari tiga kali atau santan yang dipanaskan berulang-ulang, karena akan menjadi tempat pelekatan terbaik untuk virus," ujar Dr. Andrianto.

5. Namun, jangan sampai kelebihan dosis vitamin A

Tangkal Virus dan Bakteri, Tingkatkan Imun Tubuh dengan Vitamin Amasticatingjuicerexpert.com

Disarankan untuk mendapatkan vitamin A dari makanan dibanding suplemen. Namun, jangan sampai kelebihan dosis vitamin A karena akan memicu hipervitaminosis. Gejala hipervitaminosis adalah nyeri tulang, perubahan pada kulit dan penglihatan. Bahkan, jika terjadi toksisitas kronis, akan menyebabkan kerusakan hati dan peningkatan tekanan pada otak.

"Kelebihan vitamin E akan menjadi racun, sementara kelebihan vitamin C akan berbahaya bagi ginjal. Saya menyarankan untuk meminum suplemen satu kali sehari saja agar tidak berlebihan," tegas Dr. Andrianto.

Dianjurkan pula untuk mengonsumsi ikan laut sebagai agen antiinflamasi. Agar lebih sehat, ikan bisa dikonsumsi dengan cara dikukus, direbus atau dimakan bersama sayuran. Selain itu, imunitas tinggi juga didapat dari hati yang bahagia. So, don't forget to be happy!

Baca Juga: Cara Minum Vitamin yang Benar dan Sesuai Dosis, agar Tak Keracunan 

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya