Comscore Tracker

Mahasiswa Unair Teliti Terapi Musik Binaural Beats untuk Persalinan

Binaural Beats dipercaya bisa membuat sang ibu relaks

Surabaya, IDN Times - Rasa sakit saat melahirkan merupakan salah satu ketakutan terbesar para calon ibu di masa kehamilan pertama. Melihat fenomena ini, sekelompok mahasiswa Universitas Airlangga pun tengah mencetuskan ide metode relaksasi proses persalinan menggunakan Binaural Beats.

1. Teliti Binaural Beats untuk metode relaksasi saat persalinan

Mahasiswa Unair Teliti Terapi Musik Binaural Beats untuk PersalinanMetode persalinan dengan Binaural Beats yang dikembangkan mahasiswa Unair. Dok Humas Unair

Sekelompook tim mahasiswa ini adalah Yusva Dwi Saputra (Fakultas Kesehatan Masyarakat 2019), Ihya’ Ulumuddin Ar-rayyan (FKM 2019) dan Ardelia Bertha Prastika (Fakultas Kedoteran 2019). Mereka meneliti penggunaan gelombang Binaural Beats untuk mengurangi kecemasan pada kehamilan pertama seorang perempuan atau yang disebut ibu hamil primigravida.

Binaural Beats merupakan metode terapi musik terbaru yang menggunakan selisih perbedaan frekuensi telinga kiri dan kanan. Metode ini kerap digunakan untuk mengurangi kecemasan dan menambah fokus seseorang. 

"Kami akan menguji dan mencari jenis gelombang Binaural Beats yang efektif untuk mengurangi kecemasan pada ibu hamil primigravida," ujar Yusva, Selasa (27/6/2021).

Baca Juga: Kandungan Kalsium Tinggi, Mahasiswa Unair Olah Cangkang Telur Jadi Kue

2. Lolos pendanaan PKM

Mahasiswa Unair Teliti Terapi Musik Binaural Beats untuk Persalinanunsplash.com

Melihat pengaplikasian Binaural Beats ini, para mahasiswa Unair itu pun mengembangkan metode relaksasi untuk para ibu hamil melalui  proposal Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE) berjudul “Pengaruh Binaural Beats pada Ibu Hamil Primigravida Trimester III Guna Mengurangi Rasa Nyeri Kala 1 pada Proses Bersalin”. Proposal tersebut kemudian lolos dan didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

"Alhamdulillah, bersyukur sekali karena ini kali pertama kami bertiga lolos pendanaan dan juga judul PKM bidang Riset Eksakta pertama yang dapat mewakili FKM," tuturnya.

3. Penelitian tahap pertama sudah dimulai

Mahasiswa Unair Teliti Terapi Musik Binaural Beats untuk PersalinanPara mahasiswa Unair yang terlibat dalam penelitian Binaural Beats sebagai metode relaksasi selama persalinan. Dok Humas Unair

Dengan pendanaan ini, Yusva dan timnya pun sudah mulai melakukan tahapan pertama audio Binaural Beats, sekaligus mencari responden tambahan untuk penelitian dan pemenuhan data.

“Setelah meminta perizinan penelitian ke pihak berwenang, pengajuan Uji Kelayakan Etik
Penelitian, persiapan alat dan bahan penelitian, sampel ibu hamil Primigravida Trimester III, dan musik binaural beats, saat ini kami tengah mencari responden untuk pemenuhan data,” ungkapnya.

Ia berharap, setelah penelitiannya nanti selesai, metode Binaural Beats bisa diaplikasikan di rumah sakit maupun bidan agar bisa membantu para ibu lebih nyaman di momen persalinan pertamanya.

"Semoga tidak berhenti di penelitian saja, namun dapat berlanjut untuk kemudian diaplikasikan ke masyarakat secara luas," tutupnya.

Baca Juga: Cerita Kegigihan Si Kembar Tiga Bisa Masuk Unair

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya