Comscore Tracker

Tanpa Disadari, Manusia Sering Salah Saat Lakukan 7 Aktivitas Ini

Dari sekadar mandi hingga bernafas

Mempelajari hal baru dengan berbagai kesalahan memang wajar. Tapi apa jadinya jika kesalahan itu muncul justru pada aktivitas sudah sering kita jalani.  Apa saja? Dilansir dari cracked.com, ini 7 di antaranya!

1. Buang Air Besar (BAB)

Tanpa Disadari, Manusia Sering Salah Saat Lakukan 7 Aktivitas Inithesun.co.uk

Salah: toilet duduk adalah bentuk perkembangan fasilitas dari negara barat untuk membuat nyaman proses BAB. Ternyata ini gak sehat karena posisi duduk atau berdiri akan membuat sudut yang menyebabkan jalur pembuangan pup tubuhmu tertekuk dan terhambat. Sehingga sebenarnya ini gak sehat dan gak efektif.

Benar: Sejak zaman kuno, toilet jongkok telah diaplikasikan di seluruh dunia. Berjongkok akan meluruskan jalur keluar pup dari tubuhmu sehingga mempermudahnya keluar. Penelitian di tahun 2003 menemukan bahwa BAB jongkok hanya menghabiskan waktu kurang dari satu menit sampai tuntas dan gak butuh mengejan terlalu keras.

2. Mandi

Tanpa Disadari, Manusia Sering Salah Saat Lakukan 7 Aktivitas Inird.com

Salah: Kamu memang perlu mandi untuk bisa diterima secara sosial, agar gak kotor dan bau. Namun mandi terlalu sering apalagi menggunakan air hangat akan mampu merusak jaringan kulitmu (apalagi jika ditambah scrub dan sikat kasar) dan memenuhi tubuhmu dengan bakteri.

Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang paling kotor. Setiap kali kamu mandi, bakteri dari shower, gayung atau bak mandimu akan berpindah ke kulitmu, sedangkan bakteri dari lantainya akan berpindah ke kakimu. Itulah alasan kenapa banyak dokter bedah di mayoritas rumah sakit dilarang untuk mandi sebelum melakukan operasi.

Benar: Mandi yang ideal adalah maksimal 7 kali dalam seminggu, atau sehari sekali. Makin bagus jika kamu menggunakan air dingin saat mandi. Sabun yang kamu gunakan pun sebaiknya yang lembut dan jangan sering menggunakan scrub. Iritasi dan bakteri adalah kombinasi yang akan membuat kulitmu tampak mengerikan, yang bisa diakibatkan terlalu sering mandi.

3. Bernapas

Tanpa Disadari, Manusia Sering Salah Saat Lakukan 7 Aktivitas Inithankyourbody.com

Salah: Ketika kamu bernapas, mungkin seperti kebanyakan orang, bahumu akan sedikit naik dan dadamu membusung. Padahal itu cara bernapas yang salah, karena otot yang harusnya digunakan untuk bernapas adalah diafragmamu, yang letaknya dekat dengan perutmu.

Pernapasan dada akan menyebabkanmu menggunakan energi paru-paru alami lebih dari seharusnya padahal memperoleh oksigen yang lebih sedikit. Lambat laun ini akan menyebabkanmu sakit kepala, kelelahan, cemas dan gangguan kurang oksigen lainnya.

Benar: Pernapasan perut adalah yang paling benar dan sehat untuk dilakukan. Itu merupakan cara kerja tubuh yang paling efisien dan efektif.

Saat kamu tidur, di luar kesadaranmu, kamu sebenarnya melakukan pernapasan perut. Untuk melatihnya, coba "ratakan" perutmu seiring kamu menarik napas, sambil tetap menjaga dadamu gak banyak bergerak. Kemudian kontraksikan otot-otot perutmu ketika kamu mengembuskan napas.

Baca juga: 5 Cara Gak Biasa Ini Bisa Membuat Makananmu Terasa Lebih Enak!

4. Tidur

Tanpa Disadari, Manusia Sering Salah Saat Lakukan 7 Aktivitas Inicbc.ca

Salah: Kebanyakan orang terlalu terpaku pada keharusan tidur 8 jam untuk kesehatan. Sehingga ketika mereka gak bisa tidur di suatu malam dan terjaga sampai larut, mereka akan khawatir bangun terlambat. Ternyata berdasarkan penelitian, cahaya lampu yang membuat tidur utama hanya satu kali: tidur malam, yang waktunya ditekan menjadi 8 jam.

Benar: Padahal dulu sebelum ditemukannya bola lampu, orang seluruh dunia tidur dalam waktu yang terpisah-pisah. Mereka akan tidur begitu mengantuk dan kembali beraktivitas ketika sudah terbangun, gak menunda-nunda. Tidur ketika dibutuhkan akan menyebabkan tubuh lebih sehat dan sesuai dengan siklus alaminya, gak dipaksa untuk tidur, gak juga dipaksa untuk bangun.

5. Melahirkan

Tanpa Disadari, Manusia Sering Salah Saat Lakukan 7 Aktivitas Iniyoutube.com

Salah: Mayoritas wanita yang melahirkan masih melakukan posisi "lithotomy": berbaring terlentang di kasur dengan kaki terangkat atau naik ke suatu ganjalan. Padahal menurut WHO, posisi tersebut sangat membahayakan. Risikonya adalah proses melahirkan yang lebih membutuhkan tenaga (karena bayi melawan gravitasi) dan kemungkinan perobekan vagina yang parah.

Benar: Posisi melahirkan vertikal (berdiri kaki terbuka ataupun setengah jongkok) telah menjadi standar modern di banyak tempat. Ini terbukti bisa membuka pelvis lebih lebar 10 persen daripada posisi berbaring. Dengannya gak perlu berkontraksi terlalu keras dan gak harus menghadapi risiko yang bisa ditimbulkan melahirkan dengan cara berbaring. Jangan dicoba sendiri, konsultasikan dengan ahli, ya!

6. Menyikat Gigi

Tanpa Disadari, Manusia Sering Salah Saat Lakukan 7 Aktivitas Inihuffingtonpost.com.au

Salah: Sikat gigi terlalu sering ternyata menyebabkan gangguan kesehatan mulut, termasuk semakin banyak gigi berlubang dan gigi lepas. Waktu kecil kita diajarkan untuk selalu gosok gigi setelah makan, padahal asam dalam makanan akan menyingkirkan enamel gigimu sehingga di saat itu gigimu akan lebih rapuh.

Benar: Menyingkirkan makanan yang menyangkut di gigi jauh lebih penting daripada menyikat gigi setelah makan. Partikel-partikel makanan yang gak terlihat di permukaan gigimu sebaiknya biarkan secara alami ada di sana dan diproses tubuhmu secara alami. Kamu sebaiknya menyikat gigi hanya setelah bangun tidur pagi dan sebelum tidur malam.

7. Duduk

Tanpa Disadari, Manusia Sering Salah Saat Lakukan 7 Aktivitas Initechrepublic.com

Salah: Ada banyak pemahaman bahwa terlalu lama duduk akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Padahal ini disebabkan oleh penemuan kursi yang memiliki sandaran.

Kursi bersandaran rata-rata memiliki sudut yang pasti, padahal punggung dan tulang kita dinamis menahan beban tubuh kita. Ketika punggung kita dipaksa untuk menyesuaikan sandaran kursi, ia akan menahan beban tubuh bagian atas lebih ekstra keras, inilah yang akan menimbulkan banyak masalah.

Benar: Ada beberapa pilihan untuk bekerja: kamu harus duduk sambil terus aktif (gak bersandar dengan statis) atau menggunakan meja berdiri. Tubuhmu akan bekerja secara alami dan gak dipaksa menyesuaikan sesuatu. Jika lelah, bergeraklah!

Tanpa Disadari, Manusia Sering Salah Saat Lakukan 7 Aktivitas Inifind-way.net

Yang mana saja yang kamu lakukan dengan salah? Yang mana saja yang sudah kamu lakukan dengan benar?

Gak ada kata terlambat untuk mulai belajar melakukan aktivitas keseharianmu dengan cara yang benar. Untuk hidup yang lebih baik dan kepentinganmu sendiri kan?

Baca juga: 4 Langkah Ilmiah yang Dijamin Bisa Mengubah Kebiasaan Menundamu!

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya