Comscore Tracker

5 Cara Makan Buah Biar Gak Standar Saja

Banyak cara untuk tetap sehat

Memasuki bulan Oktober ini, sejumlah wilayah di Indonesia sudah mengalami hujan. Bahkan, di beberapa daerah hujan bisa terjadi seharian penuh dalam satu pekan. Sebab itu, penting untuk tetap menjaga kesehatan agar terus bisa beraktivitas setiap hari. Selain istirahat yang cukup, makan buah-buahan juga harus rutin dilakukan. 

Kandungan vitamin dalam buah-buahan tentunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab itu, sebaiknya di saat cuaca ekstrem seperti saat ini, direkomendasikan untuk makan buah-buahan. 

Namun, terkadang bagi beberapa orang merasa malas harus jika makan buah begitu saja. Berikut adalah 5 rekomendasi olahan buah-buahan yang bisa dibikin di rumah untuk mengakali rasa malas makan buah-buahan secara langsung.

1. Es buah 

5 Cara Makan Buah Biar Gak Standar SajaEs buah. (instagram/ esbuahbudarwito)

Memang sesuatu yang hangat sangat cocok dikonsumsi saat musim hujan. Namun, bagi beberapa orang justru ada yang tetap memilih makanan dingin, seperti es buah. Es buah ini juga menjadi salah satu alternatif jika seseorang malas untuk mengkonsumsi buah secara langsung. Selain menyegarkan, kandungan vitamin beraneka buah pada es buah bisa diperoleh tubuh sekaligus. 

Es buah juga bisa dengan mudah ditemui di piggiran jalan, jika malas untuk membuatnya sendiri. Jika masih malas, bisa menggunakan jasa pengiriman makanan melalui aplikasi. Selain vitamin, kandungan susu pada es buah juga menjadi poin nutrisi tambahan. 

Baca Juga: 5 Efek Samping Makan Buah Jeruk Berlebihan, Bikin Masalah Perut

2. Salad buah 

5 Cara Makan Buah Biar Gak Standar SajaSalad buah. (instagram/ salad_buah_bwi)

Tidak hanya lezat, salad buah merupakan salah satu makan sehat karena terdiri dari kombinasi buah-buahan. Komposisi vitamin dalam salad buah tergolong komplit. Selain susu, juga ada parutan keju dan mayonnaise. Salad buah ini bisa dikonsumsi dengan dua pilihan, dengan kondisi normal atau dalam keadaan dingin. Salad buah juga enak loh jika dicampurkan dengan yogurt. 

3. Jus buah 

5 Cara Makan Buah Biar Gak Standar SajaJus buah. (instagram/ jusbuahjuara)

Khusus satu ini adalah cara yang paling sederhana dan paling mudah untuk dilakukan. Jus buah merupakan minuman berbahan dasar buah yang diolah dengan menggunakan blender. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa buah yang diolah menjadi jus lebih mudah diserap oleh usus daripada buah yang disantap begitu saja. Untuk mendapatkan manfaat jus buah Anda tidak harus menikmati satu buah dalam jus saja. Anda dalam memvariasikan berbagai macam buah dalam satu jus.

4. Puding buah 

5 Cara Makan Buah Biar Gak Standar SajaPuding buah. (instagram/ pudingbuahbandung)

Perpaduan tekstur kenyal dari puding berisi buah-buahan yang bercita rasa manis, nikmat dan segar saat memakannya. Puding buah ini dibuat dari agar-agar dengan toping atau campuran buah-buahan segar. Kandungan susu dalam puding buah juga menjadi poin vitamin tambahan. Puding buah ini juga cocok loh untuk digunakan sebagai menu diet. Puding buah bisa dikonsumsi langsung atau lebih enak dalam kondisi dingin setelah dimasukkan ke dalam lemari es.

5. Sandwich buah  

5 Cara Makan Buah Biar Gak Standar SajaSandwich buah. (instagram/ _sandwichbuah)

Camilan sandwich ala Jepang yang manis dan cantik tampilannya ini sangat cocok untuk sarapan dan camilan. Selain kandungan vitamin pada buahnya yang menyehatkan, roti sandwich juga mengenyangkan. Biasanya, buah yang cocok untuk sandwich ini adalah kiwi, stroberi, anggur atau jeruk.

Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapat. Sandwich buah berisi potongan buah dalam krim kocok atau whippedcream dingin di antara potong roti tawar putih yang empuk. Rasa segar buah dan creamy dalam roti akan membuat Anda semakin suka untuk mengkonsumsi buah-buahan.

Baca Juga: 5 Manfaat Sehat Buah Semangka, Buah Segar Kaya Kandungan Air

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya