Comscore Tracker

8 Gejala Stroke yang Bisa Terjadi di Usia Muda

Sering cegukan apa menjadi gejala stroke?

Serangan stroke adalah kondisi yang menakutkan. Selain dapat menyebabkan kelumpuhan, serangan stroke juga dapat membunuh seseorang. Menurut riset, rata-rata umur penderita stroke berada di angka 60 tahun, namun semakin berjalannya waktu jumlah penderita stroke di bawah umur 45 tahun semakin bertambah.

Dikatakan pula banyak orang yang tidak sadar akan gejala dari serangan stroke dan itu menyebabkan angka kematian stroke cukup tinggi, khususnya di kalangan anak muda. Karena itulah penting untuk mengetahui gejala stroke yang bisa terjadi di usia muda.

1. Wajah yang murung

8 Gejala Stroke yang Bisa Terjadi di Usia Mudastaceyhaslem.com

Terlepas dari orang yang sedang sedih, ekspresi murung bisa jadi pertanda gejala stroke. Jika wajah murung ini tampak setiap hari walaupun orang tersebut senang, maka berhati-hatilah. Cobalah untuk menyuruhnya tersenyum dan lihat apakah wajah murung itu bisa hilang atau tidak.

2. Tangan yang lemas

8 Gejala Stroke yang Bisa Terjadi di Usia Mudabuoyhealth.com

Mudahnya untuk mengecek hal ini adalah dengan mencoba mengangkat kedua tangan. Tangan yang terasa lemas dan kesusahan untuk diangkat adalah gejala-gejala adanya stroke.

3. Susah bicara

8 Gejala Stroke yang Bisa Terjadi di Usia Mudabrainscape.com

Ini adalah gejala lain yang paling mudah dibaca. Orang yang susah bicara dan sering menelan ludahnya adalah pertanda lain dari stroke. Jika itu diikuti dengan dua gejala sebelumnya, sebaiknya kamu segera ke dokter atau rumah sakit.

4. Kepala pusing

8 Gejala Stroke yang Bisa Terjadi di Usia Mudamedicalnewstoday.com

Salah satu penyebab terjadinya stroke adalah tekanan darah tinggi dan kondisi tersebut sering diikuti dengan gejala pusing kepala. Coba periksakan seberapa tinggikah tekanan darahmu dan apakah masih dalam kondisi normal atau tidak.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini 9 Anggapan Tak Benar Tentang Penyakit Stroke

5. Mati rasa di sisi tubuh

8 Gejala Stroke yang Bisa Terjadi di Usia Mudamedicalnewstoday.com

Stroke adalah penyakit yang menyerang sistem saraf dan mampu melumpuhkan seseorang. Kondisi tersebut sering kali diwakilkan dengan adanya kondisi mati rasa di tubuh. Jika kamu tidak bisa merasakan sisi tubuhmu, cobalah untuk segera memeriksakannya.

6. Sakit kepala

8 Gejala Stroke yang Bisa Terjadi di Usia Mudawellandgood.com

Migrain kah kamu? Jika iya, maka coba periksakan ke dokter. Penderita stroke rata-rata mendapatkan sakit kepala yang menyakitkan terlebih dahulu, sebelum terkena serangan. Mengerikan pula, karena sakit kepala tersebut bisa terjadi secara mendadak.

7. Cegukan tiada henti

8 Gejala Stroke yang Bisa Terjadi di Usia Mudapennstatehealthnews.org

Cegukan itu lucu jika hanya berlangsung selama 30 detik. Berlangsung lebih lama dari itu, kamu harus memeriksakannya. Cegukan yang tidak berhenti adalah salah satu gejala stroke yang ditunjukkan oleh riset Journal of Neurology and Neurophysiology.

8. Kejang tiba-tiba

8 Gejala Stroke yang Bisa Terjadi di Usia Mudapathfindersforautism.org

Stroke mematikan karena menyebabkan kerusakan otak dalam kondisi cepat dan kerusakan otak sering kali ditunjukkan dengan adanya bagian tubuh yang kejang. Jika mengalami kejang yang tiba-tiba, segeralah ke dokter.

Jangan sepelekan gejala-gejala di atas. Jika kamu mendapatkan beberapa gejala stroke di usia muda tersebut, segeralah ke dokter untuk mengecek kesehatanmu.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Heatstroke Bisa Picu Kondisi Fatal pada Tubuh!

Topic:

  • Edwin Fajerial
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya