Comscore Tracker

Makan Lebih Nikmat, Ini 6 Tips Mengolah Daun Pepaya supaya Tidak Pahit

Siapa nih yang doyan daun pepaya?

Daun pepaya biasa diolah untuk dijadikan hidangan tumis atau sayur bersantan. Namun, banyak orang yang tidak suka daun pepaya karena rasanya yang pahit.

Padahal, rasa pahit pada daun pepaya bisa dihilangkan kalau benar mengolahnya sebelum dimasak. Berikut tips supaya daun pepaya tidak pahit. Makan jadi lebih nikmat!

1. Rendam daun pepaya dengan air garam

Makan Lebih Nikmat, Ini 6 Tips Mengolah Daun Pepaya supaya Tidak Pahityoutube.com/Snack Gila

Garam bisa menghilangkan pahit daun pepaya. Caranya gampang. Cuci lah daun pepaya sampai bersih. Kemudian rendam dengan air yang dicampur garam.

Rendam daun pepaya dengan air garam selama kurang lebih 90 menit, supaya rasa pahitnya benar-benar hilang. Jika sudah, tiriskan terlebih dahulu sambil sesekali diremas. Tenang saja, tips ini gak akan mengubah rasa daun pepayamu jadi asin, kok.

2. Rebus daun pepaya berkali-kali

Makan Lebih Nikmat, Ini 6 Tips Mengolah Daun Pepaya supaya Tidak Pahitmasterchefmom.com

Kamu juga bisa merebus daun pepaya beberapa kali. Ini bisa mengurangi rasa pahit daun pepaya. Setelah rebusan pertama, buang airnya dan ganti dengan air yang baru. Bakal lebih baik jika pakai air matang, ya.

Lakukan sampai tiga kali saja. Setelah itu, biasanya daun pepaya gak akan lagi terasa pahit. Namun, cara ini bakal membuat warna daun pepayamu agak kekuningan, sehingga gak lagi segar. Untuk mengatasinya, kamu bisa tambahkan satu sendok teh baking powder saat merebus.

3. Rebus bersama asam jawa

Makan Lebih Nikmat, Ini 6 Tips Mengolah Daun Pepaya supaya Tidak Pahithealthline.com

Jika merebus daun pepaya dengan air biasa juga masih belum menghilangkan rasa pahitnya, cobalah dengan asam jawa. Caranya praktis, kamu tinggal mencuci daun pepaya hingga bersih, lalu rebus dengan asam jawa secukupnya.

Setelah itu, tunggu rebusan hingga 20 menit. Jika sudah, segera tiriskan daun dan remas sesekali supaya airnya keluar semua. Asam jawa bisa memperkuat aroma dan menetralkan rasa dari daun pepaya, sehingga terasa lebih nikmat.

Baca Juga: 10 Tips Memasak Ayam Bakar yang Empuk dan Bumbunya Lebih Meresap

4. Berikan beberapa lembar daun jambu biji saat merebus

Makan Lebih Nikmat, Ini 6 Tips Mengolah Daun Pepaya supaya Tidak Pahitstylesatlife.com

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah merebus daun pepaya bersama beberapa lembar daun jambu biji. Gak cuma bisa jadi obat diare yang ampuh, daun jambu biji juga bisa dipakai untuk menghilangkan pahit dari daun pepaya, lho.

Kamu cukup perlu mencuci daun pepaya dan daun jambu biji hingga bersih. Selanjutnya, rebus kedua daun tersebut sekaligus, gunakan 4-5 lembar daun jambu biji. Tunggu sampai benar-benar mendidih, lalu baru angkat dan tiriskan.

5. Direbus dengan daun singkong

Makan Lebih Nikmat, Ini 6 Tips Mengolah Daun Pepaya supaya Tidak Pahitfreepik.com

Berbagai daun lainnya juga bisa membantu menghilangkan rasa pahit daun pepaya, salah satunya daun singkong. Gak perlu dalam jumlah banyak, cukup gunakan 3-4 daun singkong saja. Caranya pun mudah, tinggal direbus bersama daun pepayanya.

Cuci bersih terlebih dahulu kedua daun tersebut, lalu masukkan ke dalam panci dan rebus. Tunggu selama kurang lebih 15-20 menit.

Jika sudah layu dan mendidih, segera angkat. Pisahkan daun pepaya dan daun singkongnya, ya.

6. Campurkan sedikit tanah liat saat merebus

Makan Lebih Nikmat, Ini 6 Tips Mengolah Daun Pepaya supaya Tidak Pahitthesprucecrafts.com

Meski terbilang cukup aneh dan unik, tanah liat dapat menghilangkan rasa pahit, lho. Namun, tanah liat yang digunakan bukan sembarangan, ya. Kamu bisa mendapatkannya di pasar tradisional.

Rebus daun pepaya yang sudah dicuci bersih bersama tanah liat secukupnya. Biarkan sebentar hingga mendidih dan layu. Sebelum daun pepaya matang, buang air rebusan tanah liat dan ganti dengan yang baru. Rebus kembali sampai matang.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat mengolah daun pepaya supaya rasanya tak pahit lagi. Dijamin terasa lebih nikmat dan bikin makan makin lahap, deh. Cara mana yang sudah sering kamu lakukan?

Baca Juga: 10 Tips Memasak Ikan biar Gak Amis, Baunya Jadi Lebih Sedap

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya