Comscore Tracker

Bosan Itu-itu Saja? Coba Resep Risol Isi Greentea hingga Coklat Ini!

Risol manis gimana ya rasanya?

Yang pertama kali terlintas dalam pikiran ketika mendengar makanan risol adalah sebuah makanan yang terbuat dari tepung dengan berbagai isian sayur dan daging. Tapi apa jadinya jika makanan tersebut diubah menjadi manis?

Seorang pengusaha kuliner di Kota Malang, Wilda Uliarosa Damayanti mencoba membuat kreasi risol unik. Ia menciptakan risol manis dengan berbagai varian isi, mulai cokelat, greentea hingga ekstrak buah.

1. Berawal dari rasa bosan dengan risol manis

Bosan Itu-itu Saja? Coba Resep Risol Isi Greentea hingga Coklat Ini!Kreasi risol manis aneka rasa cocok untuk takjil buka puasa. IDN Times/Alfi Ramadana

Ide awal membuat risol manis, kata Wilda, muncul lantaran dirinya tak suka rasa risol biasa. Ia kemudian bereksperimen dengan membuat risol manis dengan berbagai varian isi. Setelah bisa membuat kreasi tersebut, ternyata cukup banyak yang suka. Hasilnya risol manis yang ia kreasikan banyak mendapat pesanan. 

"Saya memang ingin membuat sesuatu yang berbeda. Karena itu, saya coba membuat risol manis ini untuk varian lain dari risol yang ada," urainya Sabtu (24/4/2021). 

2. Pembuatan risol manis tak jauh beda dengan risol biasa

Bosan Itu-itu Saja? Coba Resep Risol Isi Greentea hingga Coklat Ini!Proses pembuatan adonan kulit luar risol manis. IDN Times/Alfi Ramadana

Lebih jauh, Wilda menambahkan bahwa cara pembuatan risol manis tidak beda jauh dengan risol pada umumnya. Bahan utama yakni tepung terigu, susu dan telur. Khusus untuk risol manis, ada tambahan gula untuk membuat adonan menjadi manis. Setelah adonan tercampur jadi satu, kemudian proses dilanjutkan dengan pembuatan kulit luar risol.

Adonan yang sudah siap dimasukkan ke teflon secukupnya kemudian diratakan. Setelah matang, kulit risol tersebut diangkat untuk nantinya diberikan isian. Berikutnya kulit yang sudah matang diberikan isian sesuai selera yakni cokelat, greentea hingga ekstrak buah. Kemudian kulit yang sudah diberi isian digulung dan digoreng. 

"Setelah matang, didinginkan dan kemudian diberi toping sesuai dengan isian dalam kulit. Setelah diberikan toping, risol manis siap disajikan," tambahnya.

Baca Juga: Resep Risol Mayo untuk Ide Jualan, Dijamin Laris Manis

3. Cocok digunakan untuk takjil berbuka puasa

Bosan Itu-itu Saja? Coba Resep Risol Isi Greentea hingga Coklat Ini!Risol manis aneka rasa sudah siap untuk disajikan. IDN Times/Alfi Ramadana

Kreasi makanan yang dikembangkan Wilda ini pun sudah diminati banyak orang. Bahkan, dirinya kerap mendapat pesanan hingga luar kota. Setiap bulannya omset yang dihasilkan dari usaha risol manis tersebut sudah mencapai Rp10 juta.

Kini memasuki bulan Ramadan, dirinya memang membatasi pesanan yang masuk. Pasalnya ia mengerjakan pesanan sendirian dan harus membagi waktu dengan anaknya. 

"Selama ini pesanan banyak dari luar kota. Pernah juga ada pesanan dari Bandung. Untuk takjil berbuka puasa juga cocok karena penyajiannya mudah," sambungnya. 

4. Harga ramah di kantong

Bosan Itu-itu Saja? Coba Resep Risol Isi Greentea hingga Coklat Ini!Risol manis usai diberi isian siap digoreng dan diberi toping sebelum disajikan. IDN Times/Alfi Ramadana

Harga yang ditawarkan sendiri sangat terjangkau. Wilda mematok risol manisnya mulai Rp 18-20 ribu bergantung pada varian rasa dan isian. Satu paket berisi lima buah risol manis siap konsumsi. Penyajian yang mudah dan rasa manis legit yang ditawarkan membuat makanan ini cocok sebagai takjil buka puasa bersama. 

"Saat ini saya membatasi produksi paling banyak satu hari antara 10 hingga 20 porsi risol manis," tandasnya. 

Baca Juga: Cara Membuat dan Resep Kulit Risol Mayo Anti Robek, Lebih Renyah!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Risol Isi Greentea hingga Coklat, Kreasi Takjil Unik untuk Buka Puasa

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya