Comscore Tracker

Sehat Setelah Lebaran, 7 Makanan Ini Bisa Netralkan Kolesterol

Yuk, konsumsi makanan sehat supaya tubuh juga sehat

Setalah puasa Ramadan berlalu, banyak orang yang "balas dendam". Lantaran sudah tak berpuasa, segala macam makanan dan minuman disantap. Tak peduli makanan itu tinggi lemak maupun kalori, yang penting kenyang.

Jadi jangan heran kalau setelah lebaran, banyak orang yang kolesterolnya naik. Dampaknya pun tentu tak bagus untuk tubuh.

Nah, kalau kamu pengen sehat usai lebaran, bisa coba mengonsumsi jenis makanan dan minuman di bawah ini. Supaya lemak tak menumpuk, ini 7 makanan sehat yang bisa menetralkan kolesterol.

1. Teh hitam

Sehat Setelah Lebaran, 7 Makanan Ini Bisa Netralkan Kolesteroltyposthes.gr

Tak cuma kaya antioksidan sebagai penangkal kanker, teh juga bisa mencegah naiknya kolesterol jahat. Penelitian yang dilakukan United States Department of Agriculture (USDA) menjelaskan konsumsi teh hitam selama tiga pekan bisa mengurangi kandungan lipid hingga 10 persen.

2. Yoghurt

Sehat Setelah Lebaran, 7 Makanan Ini Bisa Netralkan Kolesterolhellosehat.com

Penelitian University of McGill, Kanada mengungkapkan, rutin mengonsumsi yoghurt sangat baik untuk pencernaan. Menyantap dua dosis probiotik dalam sehari ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, kadar HDL alias kolesterol baik dalam tubuh juga akan meningkat.

3. Oatmeal

Sehat Setelah Lebaran, 7 Makanan Ini Bisa Netralkan Kolesterolthekitchn.com

Oatmeal punya serat larut yang sangat tinggi. Hal itu membuatnya mudah dicerna sekaligus menyerap kolesterol jahat. Sebuah studi membuktikan jika kadar LDL atau kolesterol jahat bisa turun hingga 5,3 persen dengan konsumsi oat rutin selama enam pekan.

4. Okra

Sehat Setelah Lebaran, 7 Makanan Ini Bisa Netralkan Kolesterolparkseed.com

Flavonoid kuersetin pada okra berfungsi sebagai antioksidan dan mampu menurunkan kadar kolesterol. Meski dapat dimasak dan diolah menjadi makanan, tapi proses pemanasan akan menghilangkan sebagian besar senyawa di dalamnya.

Cukup rendam 50 gram okra yang telah dipotong kecil ke dalam 50 miligram air (suhu ruang) selama satu jam. Setelah air berubah jadi agak berlendir, minum air rendaman seperti biasa.

Baca Juga: 10 Makanan yang Berbahaya Jika Dikonsumsi di Waktu Tidak Tepat

5. Alpukat

Sehat Setelah Lebaran, 7 Makanan Ini Bisa Netralkan Kolesteroltaste.com.au

Buah alpukat selama ini dikenal sebagai sumber terbaik lemak tak jenuh. Jenis lemak ini tak hanya menyehatkan jantung, tapi juga dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menekan LDL (kolesterol jahat) berkat kandungan beta-sitosterol.

6. Cokelat

Sehat Setelah Lebaran, 7 Makanan Ini Bisa Netralkan Kolesterolvidasana.sv

Pada 2007, American Journal of Clinical Nutrition (AJCN) menerbitkan studi soal manfaat bubuk cokelat. Peserta yang rutin mengkonsumsi bubuk cokelat selama 12 pekan mengalami peningkatan kadar HDL atau kolesterol baik hingga 24 persen. Dark choco pahit minim gula merupakan pilihan terbaik untuk dikonsumsi.

7. Bayam

Sehat Setelah Lebaran, 7 Makanan Ini Bisa Netralkan Kolesterolfoodnetwork.com

Bayam mengandung lutein yang berfungsi mencegah penyumbatan di dinding arteri serta mengontrol kadar kolesterol. Dengan mengonsumsi daun bayam secara rutin, risiko kolesterol dan penyakit jantung pun bisa berkurang.

Nah, kamu yang berasa sudah "tak sehat" karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak selama Lebaran, bisa coba ganti mengonsumsi makanan sehat di atas nih. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Resep Sajian Spesial Lebaran Khas Indonesia, Gak Cuma Opor Ayam 

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya