Comscore Tracker

5 Makanan Berkuah Santan Khas Jawa Timur, Enak dan Gurih

Lezatnya bikin nagih

Jawa Timur memiliki beragam kuliner yang sangat menggugah selera. Salah satunya makanan yang berkuah santan. Santan menjadi salah satu bahan yang serbaguna. Hampir di setiap makanan di Jawa Timur memakai bahan dasar kelapa ini. Baik itu makanan manis maupun makanan asin. Santan membuat makanan menjadi creamy dan gurih.

Makanan yang berkuah santan ini sangat cocok untuk pendamping makan siang maupun makan malam. Bagi kamu pecinta kuliner yang berkuah santan, berikut 5 makanan berkuah santan khas Jawa Timur yang akan membuatmu ketagihan. Yuk, cobain!

1. Lodeh tewel

5 Makanan Berkuah Santan Khas Jawa Timur, Enak dan Gurihlodeh tewel (instagram.com/elyvia_)

Tewel atau nangka muda seringkali dijadikan olahan makanan yang lezat. Salah satunya adalah lodeh tewel. Lodeh tewel merupakan makanan rumahan khas Jawa Timur. Makanan berkuah santan ini memiliki cita rasa yang sangat gurih. Lodeh tewel dapat dikreasikan dengan menambahkan ayam, ceker, atau tahu dan tempe. Lodeh tewel biasa disajikan dengan nasi, ketupat atau lontong. Jika ingin sensasi rasa pedas, lodeh tewel dapat dipadukan dengan menambahkan sambal terasi. 

Baca Juga: 12 Kuliner Nasi Khas Pesisir Selatan Jawa Timur, Lezatnya Menggoda!

2. Kare rajungan

5 Makanan Berkuah Santan Khas Jawa Timur, Enak dan Gurihkare rajungan (instagram.com/dwiputrisariz)

Rajungan merupakan hewan laut yang sekilas mirip dengan kepiting. Bedanya rajungan memiliki tubuh yang kecil, ramping, corak yang mencolok, dan capit yang memanjang. Rajungan dapat diolah menjadi berbagai makanan yang lezat, salah satunya adalah kare rajungan. Olahan rajungan khas Tuban, Jawa Timur ini memiliki cita rasa yang pedas, gurih dan rempah yang kuat. Cita rasa rempah yang kuat dapat menghindarkan tubuh dari sakit dan masuk angin. Selain itu, rempah dapat membantu mengatasi bau amis pada rajungan. Rasa gurih didapatkan dari santan yang ditambahkan ke dalam olahan kare rajungan. 

3. Pecel lele santan

5 Makanan Berkuah Santan Khas Jawa Timur, Enak dan Gurihpecel lele santan (instagram.com/utiensoetaryo)

Lele goreng mungkin sudah biasa di masyarakat Indonesia, namun masyarakat daerah Tulungagung mengkreasikan lele goreng dengan ditambahkan kuah santan yang dinamakan pecel lele santan. Lele goreng yang di goreng krispi disiram dengan kuah santan matang yang pedas dan gurih menciptakan sensasi rasa yang baru yang bikin ketagihan. 

4. Ayam lodho

5 Makanan Berkuah Santan Khas Jawa Timur, Enak dan Gurihayam lodho (instagram.com/lunch_of_mine)

Olahan ayam khas Trenggalek satu ini sekilas mirip dengan opor ayam. Namun, yang membedakan ayam lodho dengan opor ayam adalah aroma khas asap dan rasanya yang pedas. Ayam lodho biasa disajikan untuk upacara adat, acara syukuran, atau dijadikan buah tangan.

 
Ayam lodho biasanya menggunakan ayam kampung, sehingga membuat rasanya semakin gurih. Sebelum diolah, ayam terlebih dahulu di asap selama kurang lebih setengah jam. Hal ini lah yang membuat ayam lodho memiliki aroma khas asap. Setelah di asap, ayam dimasak dengan bumbu rempah yang sudah dihaluskan. Tak lupa juga ditambahkan santan untuk menambah rasa gurih ayam lodho.

5. Ayam pedas Banyuwangi

5 Makanan Berkuah Santan Khas Jawa Timur, Enak dan Gurihayam pedas banyuwangi (instagram.com/kreasivinagoest)

Olahan ayam yang dipanggang kemudian dibumbui dengan kuah santan pedas ini memiliki cita rasa yang unik. Sehingga, membuat makanan khas Banyuwangi, Jawa Timur ini banyak diminati. Ayam yang dipanggang bertujuan supaya ayam menjadi empuk dan diberi santan supaya olahan ayam pedas lebih gurih. 

Itulah makanan khas Jawa Timur yang berkuah santan. Dijamin bikin ketagihan. Kalian mau coba yang mana dulu nih?

Baca Juga: 10 Kuliner Tahu yang Populer di Jawa Timur, Eco Tenan Rek!

Nisa Umrotul Photo Community Writer Nisa Umrotul

Love yourself!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya