Comscore Tracker

Rasanya Juara, 5 Rekomendasi Kuliner Berbahan Kedelai di Kota Malang

Ada yang pernah nyobain? #LokalIDN

Di Indonesia, olahan kedelai umumnya dipakai untuk bahan baku tempe dan tahu. Kedelai mempunyai protein yang tinggi. Namun, ternyata kedelai juga bisa diolah menjadi menu makanan dan minuman lainnya.

Hal itu banyak ditemui di Kota Malang. Banyak tempat makan yang menyajikan menu makanan berbahan kedelai. Dan rasanya juara banget! Inilah 5 rekomendasi kuliner berbahan kedelai di Kota Malang, kamu pernah nyobain gak?

1. Orem-Orem Barokah

https://www.youtube.com/embed/W9bPhZ0oDKU

Dijamin, makanan berbasis kedelai ini mayoritas hanya bisa ditemui di kota Malang. Inovasi kuliner khas Malang ini menggabungkan tempe dengan sayur bersantan, kecambah, ketupat, perkedel kentang, mendol dan telur hardboiled yang digoreng.

Banyak warung orem-orem legendaris di Malang, salah satunya "Orem-Orem Barokah" milik Bapak H. Moch Syahri yang telah berdiri sejak 1983. Hanya dengan Rp8.000,00 saja, kalian sudah bisa menikmati sepiring orem-orem yang lezat.

2. Tahu Telur Cak Srupin

https://www.youtube.com/embed/307T7uTCmIM

Tahu telur memang kuliner yang sudah mengakar di Jawa Timur, begitu pula di kota Malang. Bahkan sebelum zaman kemerdekaan tahu telur sudah populer di kalangan masyarakat Malang.

Banyak tempat di Malang yang menjual tahu telur enak. Namun untuk tingkat kerenyahan tinggi Tahu Telur Cak Srupin boleh dibilang primadonanya. Populer disebut Tahu Telor Siswa karena dekat di bekas toko buku Siswa, warung kaki lima ini buka mulai pukul 10 siang sampai pukul 5 lima sore.

Hanya dengan Rp12.000,00 kalian bisa menikmati nasi atau lontong dengan tahu telur dan Rp9.000,00 nasi tahu, lontong tahu, bahkan tahu bumbu sudah tersaji di meja kalian.   

Baca Juga: Murah Banget, 5 Kuliner Enak Di Malang Ini Harganya Gak Sampai 10 Ribu

3. Tahu Mlothot

https://www.youtube.com/embed/e1jmZGX459w

Malang memang surganya kuliner pedas, mulai bakso, sayur santan, ceker, sayap bahkan tahu goreng pun ada. Tahu Mlothot merupakan salah satu waralaba lokal yang sudah mempunyai 6 cabang sejak berdirinya di tahun 2016 lalu. Konsepnya cukup sederhana, yaitu tahu goreng yang diisi ayam dan saus cabai.

Tahu dengan ukuran sebesar telapak tangan orang dewasa ini bisa didapatkan dengan Rp5.000,00 saja per biji. Jangan salah, satu biji sudah cukup mengganjal perut karena isian ayamnya banyak apalagi ditambah saus cabai. Jadi, jangan terlalu bernafsu untuk membeli dalam jumlah banyak, kecuali kalian memang raja pedas. 

4. Tahwa Ing

https://www.youtube.com/embed/Ve9VPJ9siso

Tahwa seringkali identik dengan desert khas Indonesia yang bermandikan kehangatan kuah jahe yang berpadu dengan lembutnya kembang tahu. Namun, kini di Malang telah hadir tahwa modern berkuah susu kedelai yang bertabur choco chips dan koko krunch bernama Tahwa Ing.

Berada di daerah Kendalsari Barat, atau sekitaran Cengger Ayam, Tahwa Ing buka mulai dari pukul 3 sore sampai pukul 9 malam. Bagi yang ingin mencari tahwa original, jangan khawatir, Tahwa Ing juga menyediakan tahwa original berkuah jahe.

Untuk menu Tahwa original cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp6.000,00 saja. Sedangkan untuk yang mix koko krunch, cukup dengan Rp9.000,00 saja.

5. Pecel Kuah Celaket

https://www.youtube.com/embed/pRTTBVZv88o

Walaupun namanya pecel, namun pecel satu ini sangat unik. Warung pecel ini terletak di dekat SDN Rampal Celaket 1, tepatnya di jalan Tretes. Pecel kuah ini selain bertabur sayur kubis, juga berbahan utama tahu berontak dan tempe menjes. Semua itu disiram saus pecel yang mantab dan kuah kaldu yang gurih.

Salah satu inovasi warga Malang setelah pecel rawon dan orem-orem. Untuk semangkuk pecel kuah, dibanderol hanya Rp5.000,00 rupiah saja!

Itulah 5 rekomendasi spot kuliner lezat berbahan kedelai di Kota Malang. Tidak perlu khawatir krisis di akhir bulan, karena kuliner-kuliner berbasis kedelai tersebut akan menjadi penyelamatmu


Baca Juga: 5 Kuliner Bakso di Kota Malang yang Bikin Orang Rela Antre!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Akhmad Alfan Rahadi di IDN Times Community dengan judul 5 Rekomendasi Spot Kuliner Lezat Berbahan Kedelai di Kota Malang

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya