Comscore Tracker

Jalan-jalan ke Situbondo, 10 Oleh-oleh Khas Ini Wajib Dibawa Pulang

Dari keripik kulit ikan sampai kerajinan kerang

Situbondo dikenal dengan berbagai destinasi wisata alam yang luar biasa. Mulai Kampung Kerapu, Pantai Pasir Putih, hingga Taman Nasional Baluran. Tak cuma tujuan wisata, kabupaten di timur Jawa Timur ini juga kaya dengan berbagai penganan tradisional dan souvenir khas. Bisa banget loh buat oleh-oleh. 

Kira-kira ada apa saja? Yuk simak uraiannya berikut ini.

1. Rengginang Cumi

Jalan-jalan ke Situbondo, 10 Oleh-oleh Khas Ini Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/phinazss

Rengginang cumi terbuat dari adonan beras ketan, cumi, dan bumbu-bumbu pilihan. Adonan tersebut dicetak lalu dijemur hingga kering. Setelah itu rengginang cumi digoreng sampai renyah. Rasanya gurih. Harganya sekitar Rp20.000 per kemasan isi 250 gram.

2. Mangga

Jalan-jalan ke Situbondo, 10 Oleh-oleh Khas Ini Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/karinaayu54

Mangga yang berasal dari Situbondo dikenal memiliki kualitas premium. Ada dua jenis mangga dari daerah ini, yaitu mangga madu dan mangga arum manis. Rasanya manis dengan daging buah yang tebal dan berwarna terang. Harga per kilo mencapai Rp25.000.

3. Manisan Kelapa

Jalan-jalan ke Situbondo, 10 Oleh-oleh Khas Ini Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/nabilfood.drink

Manisan kelapa terbuat dari buah kelapa setengah tua yang telah diiris, air, gula pasir, dan pewarna makanan. Rasanya manis dan gurih, dapat ditemukan di toko oleh-oleh di Situbondo. Harga manisan kelapa dibanderol mulai dari Rp50.000 per 500 gram.

4. Tape Sorgum

Jalan-jalan ke Situbondo, 10 Oleh-oleh Khas Ini Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/korlis_07

Seperti namanya, tape ini terbuat dari biji sorgum yang telah melalui proses fermentasi. Tape sorgum yang dikenal juga sebagai peyeum cetrik ini rasanya tidak kalah enak dengan tape-tape yang biasa kamu temui.

Untuk bisa menikmati lezatnya salah satu olahan sorgum yang kaya akan karbohidrat ini, kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp5.000 per porsi.

5. Kerajinan Kerang

Jalan-jalan ke Situbondo, 10 Oleh-oleh Khas Ini Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/kerajinan_kerang_situbondo

Kerajinan tangan ini menggunakan cangkang kerang yang sudah tidak terpakai. Aneka macam kerajinan kerang tersebut terdiri dari gelang, kalung, jam dinding, pigura, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dapat diperoleh di toko-toko yang ada di sepanjang pantai di Situbondo, harga kerajinan kerang dibanderol mulai dari Rp8.000 bergantung pada jenis, ukuran, dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya. 

Baca Juga: 8 Kuliner Ini Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Situbondo

6. Batik Situbondo

Jalan-jalan ke Situbondo, 10 Oleh-oleh Khas Ini Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/ramadhanikadir

Batik Situbondo memiliki motif yang khas, yaitu berkaitan dengan alam pesisir dan penggunaan warna-warna yang kontras. Beberapa nama motifnya yang terkenal yaitu gelang bahari, kerang tempel, dan kerang bertopeng. Kisaran harganya mulai dari Rp180.000 per lembar kain batik.

7. Gula Aren

Jalan-jalan ke Situbondo, 10 Oleh-oleh Khas Ini Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/gulaaren_shevani

Gula aren terbuat dari buah pohon aren. Dibandingkan dengan daerah lain, gula aren khas Situbondo memiliki aroma yang lebih khas. Gula aren banyak ditemui di dusun Hulu, desa Patemon, kecamatan Bungatan. Harganya mulai dari Rp13.000 per 250 gram.

8. Biji Kopi Arabica

Jalan-jalan ke Situbondo, 10 Oleh-oleh Khas Ini Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/kelompoktani_sejahtera_kayumas

Biji kopi arabika bentuknya pipih dan sedikit memanjang. Ukurannya juga sedikit lebih besar dari kopi robusta. Sebelum disangrai, aroma biji kopi arabika terasa segar seperti buah blueberry. Sedangkan ketika sudah disangrai, aromanya lebih wangi menyerupai bunga, buah, dan kacang-kacangan.

Harganya dibanderol mulai dari Rp50.000 per kilogram.

9. Kue Plintiran

Jalan-jalan ke Situbondo, 10 Oleh-oleh Khas Ini Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/dapurgembul.id

Kue plintiran terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula pasir, soda kue, garam, margarin, dan santan kental. Kemudian adonan tersebut dipotong-potong memanjang lalu diplintir. Dapat diperoleh di toko oleh-oleh di Situbondo, harga kue plintiran dibanderol Rp28.000 per 500 gram.

10. Keripik Kulit Ikan Kakap

Jalan-jalan ke Situbondo, 10 Oleh-oleh Khas Ini Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/handayanisnack

Oleh-oleh khas Situbondo yang satu ini berbahan dasar kulit ikan kakap dan diberi beragam bumbu pilihan. Rasanya gurih dan teksturnya renyah. Dapat diperoleh di toko oleh-oleh di Situbondo, harga keripik kulit ikan kakap ini sekitar Rp20.000 per 250 gram.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Situbondo yang populer dan mudah dicari. Kira-kira apa saja yang ingin kamu beli?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Situbondo untuk Liburan Akhir Pekan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Sinta Listiyana di IDN Times Community dengan judul 10 Oleh-oleh Khas Situbondo yang Populer dan Mudah Dicari

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya