7 Rekomendasi Kuliner Legend Sekitar Alun-Alun Malang

Ada yang eksis sejak sebelum Indonesia merdeka lho!

Alun-Alun menjadi daya tarik wisata bagi turis domestik maupun mancanegara yang berlibur ke Kota Malang. Alun-Alun Malang memiliki daya tarik hutan kota yang sejuk dan dinaungi oleh banyak pohon besar. Selain itu lokasinya yang berada di pusat kota, membuat Alun-Alun Malang tidak pernah sepi pengunjung terutama saat akhir pekan dan hari libur.

Ada banyak kuliner legendaris yang bisa kamu temukan di sekitar Alun-Alun Malang. Ini karena sejarah Alun-Alun yang berada di pusat pemerintahan Kota Malang pada zaman kolonial Belanda, sehingga banyak usaha dan bisnis yang berputar di sana termasuk tempat makan. Keberadaan kuliner legendaris dekat Alun-Alun Surabaya pun menjadi daya tarik wisata tersendiri. Biar makin lengkap pengalaman liburanmu di Malang, jangan lupa buat berwisata kuliner legend dekat Alun-Alun Malang berikut ini

1. Toko Oen

7 Rekomendasi Kuliner Legend Sekitar Alun-Alun MalangToko es krim Oen di Kita Malang. Instagram/exploremalang

Toko Oen yang terkenal dengan aneka es krim jadulnya ini eksis sejak tahun 1930 lho. Bahkan toko Oen sudah ada sebelum Indonesia merdea. Selain es krimnya yang jadul, nuansa lawas mendominasi interior Toko Oen. Nuansa ini dipertahankan sejak pertama kali berdiri sampai sekarang, terlebih dengan status bangunan cagar budaya yang disandangnya. Soal menu, yang jadi favorit yaitu tutti frutti, banana split, peach melba dan masih banyak lagi lainnya. Gak hanya es krim, Toko Oen juga menyediakan olahan menu makanan western, chinese dan Indonesia.

Alamat: Jl. Jend. Basuki Rahmat 5 Malang
Waktu operasional: Senin-Minggu, 08.00-21.30 WIB

2. Cui Mie Rumah Makan Gloria

7 Rekomendasi Kuliner Legend Sekitar Alun-Alun MalangCui mie sui kiao khas rumah makan Gloria Malang. Instagram/cuimiegloriamalang

Rumah makan Gloria udah ada sejak tahun 1970 dan tetap digemari hingga sekarang. Menu favorit di sini tentu saja cui mie yang memiliki cita rasa otentik. Gloria tetap mempertahankan proses produksi mie-nya yang homemade sejak mulai didirikan, sehingga cita rasanya tetap terjaga.

Selain cui mie, di sini juga tersedia aneka menu chinese food seperti nasi ayam hainan, bihun goreng, babi goreng kecap, cumi goreng mentega dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Agus Salim No.23, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang
Waktu operasional: Senin-Minggu 09.00-14.00 WIB, 16.30-21.30 WIB

3. Rawon Nguling

7 Rekomendasi Kuliner Legend Sekitar Alun-Alun MalangSepiring porsi rawon Nguling dengan aneka lauk sebagai pelengkap. Instagram/amazingmalangeats

Rumah makan Rawon Nguling punya cabang yang sudah tersebar di berbagai kota. Salah satu cabang rumah makan yang berpusat di Probolinggo ini ada di dekat Alun-Alun Malang. Rawon Nguling Malang yang buka sejak tahun 1983 ini terkenal dengan rasanya yang enak dan porsi besarnya. Ada tiga pilihan rawon di sini yaitu rawon daging, iga dan dengkul sapi.

Selain rawon, juga tersedia menu rumahan lain seperti nasi sop, lodeh, rames, gule kambing dan sambal goreng ampela. Pilihan lauknya lengkap, kamu bisa pilih paru, perkedel, empal, tempe hingga telor asin.

Lokasi: Jl. Zainul Arifin No.62, RT.01/RW.01, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang
Waktu operasional: Senin-Minggu 07.00-16.00 WIB

4. Ronde Titoni

7 Rekomendasi Kuliner Legend Sekitar Alun-Alun MalangRonde, kacang kuah dan cakue sebagai pelengkap bersantap di Ronde Titoni Malang. Foto: Dhafintya

Kuliner legendaris dekat Alun-Alun Malang selanjutnya adalah ronde Titoni yang buka mulai tahun 1948. Ronde Titoni menyediakan menu hangat yang pas disantap di tengah cuaca dingin Malang, di antaranya ronde, angsle dan kacang kuah. Buat rondenya, ada pilihan ronde kering, basah dan campur. Sebagai pelengkap, kamu bisa menambahkan roti goteng atau cakue. Harga ronde Titoni dibanderol mulai Rp12.000 aja.

Lokasi: Jl. Zainul Arifin No.17, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang
Waktu operasional: Senin-Sabtu 18.00-00.00 WIB

5. Depot Hok Lay

7 Rekomendasi Kuliner Legend Sekitar Alun-Alun MalangFosco es susu coklat yang hanya ada di Depot Hok Lay Malang. Instagram/depot.hoklay.mlg

Jalan-jalan di Alun-Alun Malang belum lengkap kalau belum kulineran di depot Hok Lay. Pasalnya, Hok Lay mempunyai minuman Fosco satu-satunya di Malang. Fosco adalah es susu coklat yang disajikan dalam botol Coca Cola versi lawas dengan cita rasa manis gurih. Kalau ke sini, ini wajib dicoba. Selain Fosco, yang jadi favorit adalah lumpia Semarang dan cui mie-nya. Wajib hukumnya ke depot Hok Lay.

Lokasi: Jl. KH Ahmad Dahlan No.10, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang
Waktu operasional: Rabu-Senin (Selasa tutup) 09.00-13.30 WIB, 17.00-19.30 WIB

Baca Juga: 6 Tempat Sewa Kostum di Malang, Ada Karakter Superhero

6. Tahu Lontong Lonceng

7 Rekomendasi Kuliner Legend Sekitar Alun-Alun MalangSeporsi tahu lontong Lonceng yang melegenda di Malang. Instagram/surabayafoodies

Ada satu kuliner legendaris yang usianya tahun ini 89 tahun yaitu tahu lontong Lonceng. Warung tahu lontong yang sekarang dijalankan generasi kedua ini sudah ada sejak tahun 1935. Cita rasanya yang gak berubah sejak dulu membuat tahu lontong Lonceng tidak lekang dimakan usia di lidah pelanggannya. Perpaduan petis dan bumbu kacangnya pas dengan nasi atau potongan lontong, tahu, telor serta taburan tauge dan kerupuk. Harga seporsinya dibanderol cuma Rp14.000 aja.

Lokasi: Jl. R.E. Martadinata, Kotalama, Kec. Kedungkandang, Kota Malang
Waktu operasional: Senin-Minggu 10.45-22.00 WIB

7. Tahu Telor Cak Srupin

7 Rekomendasi Kuliner Legend Sekitar Alun-Alun MalangTahu telor Cak Srupin yang berlokasi dekat Alun-Alun Malang. Instagram/amazingmalangeats

Gak jauh dari Alun-Alun Malang, cukup dengan jalan kaki kamu bakal sampai di tahu telor Cak Srupin. Warung tahu telor ini terkenal dan legend banget di Malang karena sudah ada sejak tahun 1980an. Harga seporsinya cuma Rp13.000. Rasanya enak, petis dan bumbu kacangnya terasa serta porsinya bikin kenyang. Meski sering antre, pelayanan tahu telor Cak Srupin termasuk cepat sehingga gak perlu nunggu lama.

Lokasi: Jalan Merdeka Timur, Klojen, Kota Malang
Waktu operasional: Senin-Minggu 10.00-17.00 WIB

Lengkap banget kan rekomendasi kuliner legendaris sekitar Alun-Alun Malang yang sudah disebutkan di atas? Ada makanan berat, cemilan hingga dessert yang siap menjadi pelengkapmu berpetualang di Malang.

Baca Juga: 10 Tempat Terbaik untuk Nikmati Menu Rawon di Malang, Kuah Juara!

dhafintya noorca Photo Community Writer dhafintya noorca

Life keeps on going and learning

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya