Comscore Tracker

Kamu Harus Tahu, Ini Perbedaan antara Tepung Beras dan Tepung Kanji

Yang doyan bikin kue, jangan sampai keliru ya!

Kamu yang hobi bikin kue tentu sudah familiar dengan tepung. Beragam jenis tepung ada di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah tepung beras dan tepung kanji.

Sekilas, kedua jenis tepung tersebut terlihat mirip. Namun aslinya beda lho. Ini lah perbedaan tepung beras dan tepung kanji. Kamu harus tahu cara membedakannya.

1. Bahan baku

Kamu Harus Tahu, Ini Perbedaan antara Tepung Beras dan Tepung Kanjibiobasics.org - thepioneerwoman.com

Kedua jenis tepung itu dibuat dari bahan baku yang berbeda. Sesuai namanya, tepung beras jelas terbuat dari beras. Kemudian digiling sampai halus sekali.

Bahan baku membuat kedua tepung ini berbeda. Dari namanya, tepung beras jelas terbuat dari beras yang digiling hingga benar-benar halus.

Sedangkan, tepung kanji atau tapioka terbuat dari sari pati tumbuhan singkong. Untuk membuatnya, singkong dikupas kulitnya, dicuci dan diparut terlebih dulu.

Hasil parutan digilas, dicampur dengan air dan diperas, sehingga butir-butir patinya keluar dan terbawa air. Setelah disaring untuk memisahkan sisa-sisa ampas, air bercampur pati singkong tersebut didiamkan hingga patinya mengendap. Airnya kemudian dibuang dan endapan patinya dijemur hingga kering menjadi tepung.

2. Bentuk, tekstur, dan warna

Kamu Harus Tahu, Ini Perbedaan antara Tepung Beras dan Tepung Kanjinutribullet.com

Meski sama-sama berwarna putih, tetapi tekstur kedua tepung ini cukup berbeda ketika dipegang. Tekstur tepung beras biasanya kenyal dan sedikit liat.

Sedangkan, tekstur tepung kanji atau tapioka biasanya kesat dan ringan. Tepung kanji juga cenderung lebih licin di tangan, sehingga sulit dipegang.

Baca Juga: Perbedaan Tepung Roti dan Tepung Panir, serta Tips Mengolahnya

3. Kegunaan

Kamu Harus Tahu, Ini Perbedaan antara Tepung Beras dan Tepung Kanjiendeus.tv - yummy.co.id

Karena terbuat dari bahan yang berbeda, manfaat dan kegunaan kedua tepung ini pun berbeda. Tepung beras biasanya digunakan untuk membuat kue tradisional, seperti kue lapis, nagasari, talam, atau serabi.

Dalam pembuatan kue, tepung beras biasanya selalu diduetkan dengan tepung terigu untuk menghasilkan tekstur yang lembut.

Tepung kanji atau tapioka biasanya digunakan untuk merenyahkan, mengembangkan, dan mengenyalkan adonan makanan. Gak heran tepung ini merupakan bahan utama untuk membuat kerupuk, cireng, siomay, atau pempek.

Belakangan ini, tepung kanji juga digunakan sebagai bahan utama membuat boba yang biasa ada di minuman bubble tea. Teksturnya kenyal dan padat.

Nah, itulah cara membedakan tepung beras dan tepung kanji yang harus kamu pahami. Semoga gak salah menggunakannya untuk tiap masakan yang berbeda ya.

Download aplikasi kuliner terbaru Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Perbedaan Tepung Beras dan Tepung Terigu yang Terlihat Sama Saja

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya