Comscore Tracker

5 Sego Sambel Terenak di Tulungagung, Pedasnya Nendang!

Satu porsi gak akan cukup!

Makan nasi rasanya kurang lengkap kalau gak ditemani sambal. Kuliner nasi, lauk, dilengkapi sambal ini akrab disebut dengan nama sego sambel. Kuliner sego sambel juga menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia, terbukti dengan adanya warung-warung sego sambel di berbagai daerah, salah satunya adalah di Tulungagung.

Nah, jika ingin mencoba kuliner sego sambel di Tulungagung, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini!

1. Juragan Sambal Bakar

5 Sego Sambel Terenak di Tulungagung, Pedasnya Nendang!Juragan Sambal Bakar (instagram.com/juragan_sambalbakar)

Warung ini menyediakan menu sego sambel dengan berbagai lauk. Mulai dari ayam, bebek, jerohan, bakso, empal daging, hingga udang. Sesuai namanya, sebelum disajikan kepada pembeli sambal akan dibakar bersama lauk terlebih dahulu.

Selepas dibakar, sambal akan mengeluarkan aroma khas yang pastinya menggugah selera. Rasa sambalnya juga makin enak, loh! Di Juragan Sambal Bakar, kamu bisa memilih varian sambal tomat dan sambal bawang.

Lokasi: Jl. Abdul Fattah, Desa Batangsaren, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung

Jam operasinal: 15.00-22.00 WIB.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Rujak Cingur Paling Lezat di Tulungagung

2. Sambel Bawang Cobek Mbok Djilah

5 Sego Sambel Terenak di Tulungagung, Pedasnya Nendang!Sambel Bawang Cobek Mbok Djilah (IDN Times/Fika Febriana)

Kalau kamu lapar tengah malam, gak perlu khawatir. Warung Sambal Bawang Cobek Mbok Djilah ini bisa kamu jadikan solusi mengisi perut, karena buka selama 24 jam, loh!

Warung ini memiliki konsep prasmanan. Jadi pembeli bisa mengambil lauk dan nasi sendiri. Di Sambal Bawang Cobek Mbok Djilah kamu juga bisa ambil nasi dan lalapan sepuasnya. Dijamin kenyang, deh. Untuk lauk yang tersedia ada ayam, jerohan, tahu, tempe, terong, telur, hingga puyuh goreng. Kamu juga bisa request cabe.

Warung ini juga menjadi favorit semua kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pekerja. Hal itu dikarenakan harga menu di warung ini yang ramah kantong. Kalau membawa rombongan banyak, bisa banget makan bareng di sini. 

Lokasi: Jl. Ir. Bung Tomo, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung.

Jam operasional: 24 jam.

3. Sambel Obonk Mbok Seh

5 Sego Sambel Terenak di Tulungagung, Pedasnya Nendang!Sambel Obonk Mbok Seh (instagram.com/njajan.tulungagung)

Sambel Obonk Mbok Seh adalah pelopor sambal obonk atau sambal gami pertama di Tulungagung. Sambal gami sendiri adalah sambal khas Bontang, Kalimantan Timur. Yang membedakan sambal ini dengan sambal lainnya adalah di proses pengolahan. Sambal gami diolah bersama dengan ikan, kemudian dimasak di atas cobek tanah liat.

Nah, Di Sambel Obonk Mbok Seh ini, sambal gami disajikan bersama aneka lauk. Seperti telur, ayam, bebek, nila, lele, ikan pee, cumi-cumi, paru, babat, tahu, tempe dan bakso. Harganya pun juga terjangkau, mulai dari Rp12.000 per porsi, tergantung lauk yang dipilih.

Lokasi: Jl. MT Haryono No.193, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung.

Jam operasional: 10.00-22.00 WIB.

4. Sego Sambel Mbok Ginuk

5 Sego Sambel Terenak di Tulungagung, Pedasnya Nendang!Sego Sambel Mbok Ginuk (instagram.com/sgm.bymbokginuk)

Jika kamu ingin menikmati sego sambel dengan nuansa cafe, wajib banget mencoba Sego Sambel Mbok Ginuk. Tak hanya menunya yang enak, tempat Sego Sambel Mbok Ginuk juga didesain mirip cafe atau kedai kopi. Instagramable banget, serasa makan sego sambel premium. Meskipun tempatnya cozy dan menunya enak, harganya terjangkau, kok. Mulai dari Rp15.000 saja.

Menu yang disediakan di antaranya, sego sambel ayam, sego sambel udang, sego sambel cumi hitam, sego sambel paru goreng, sego sambel paru balado, dan sego sambel ikan cakalang.

Lokasi: Jl. I Gusti Ngurah Rai Gg. 8, Kelurahan Bago, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung.

Jam operasional: 10.00-22.00 WIB.

5. Warung Lek No Roso

5 Sego Sambel Terenak di Tulungagung, Pedasnya Nendang!Warung Lek No Roso (maps.com)

Meskipun warung ini terkenal dengan nasi gorengnya, ternyata warung ini juga menyediakan menu sego sambel yang gak kalah enak, loh. Aneka lauk yang tersedia yaitu, ayam, bebek, nila, lele, dan berbagai jerohan. Sedangkan untuk pilihan sambalnya, ada sambal terasi, sambal tomat dan sambal ijo.

Di Warung Lek No Roso ini, pembeli juga dapat mengambil nasi sepuasnya. Harga per porsinya juga terjangkau, mulai dari Rp15.000-Rp30.000 sesuai lauk yang dipilih.

Lokasi: Jl. Raya Sembon No.21, Desa Sembon, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung.

Jamoperasional: 17.00-22.00 WIB.

Selain enak dan mengenyangkan, harga sego sambel di Tulungagung juga termasuk terjangkau. Jadi, gak perlu bingung lagi kalau mau kulineran sego sambel di Tulungagung, langsung saja datang ke warung-warung tadi, ya! 

Baca Juga: 6 Taman Bunga di Tulungagung, Referensi Hunting Foto Menarik!

Fika Febriana Photo Community Writer Fika Febriana

Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya