Comscore Tracker

Cocok Buat Oleh-oleh, 5 Makanan Khas Jember yang Berbahan Baku Tape

Kalau mampir Jember jangan lupa dibeli ya!

Kabupaten Jember punya beragam kuliner khas berbahan baku tape. Tape sendiri adalah hasil fermentasi singkong yang rasanya manis dan banyak disukai orang.

Tak jarang, orang kalau mampir Jember membawa pulang oleh-oleh jajanan di bawah ini. Berikut 5 makanan khas Jember yang berbahan baku tape. Kamu sudah pernah mencicipi?

1. Suwar-Suwir

Cocok Buat Oleh-oleh, 5 Makanan Khas Jember yang Berbahan Baku TapeInstagram.com/purnamajati_jember

Selain mendapat julukan Kota Pandhalungan, kota Jember juga mendapat julukan sebagai kota suwar-suwir lho. Suwar-suwir merupakan makanan khas Jember yang berbahan tape singkong. 

Bentuk dari makanan ini adalah kotak-kotak kecil memanjang menyerupai balok. Suwar-suwir memiliki tekstur hampir mirip seperti dodol, namun lebih keras. Makanan ini memiliki rasa yang legit, manis dan sedkikit kecut.

Merupakan ikon kota Jember, suwar-suwir menjadi rekomendasi utama oleh-oleh yang perlu kalian beli jika berkunjung ke Jember.

2. Prol Tape

Cocok Buat Oleh-oleh, 5 Makanan Khas Jember yang Berbahan Baku TapeInstagram.com/purnamajati_jember

Makanan yang terbuat dari tape ini merupakan inovasi dari masyarakat Jember. Bentuknya menyerupai brownies, tapi tekstur dari prol tape ini sedikit lebih padat.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan prol tape cukup sederhana, yaitu tape singkong, tepung, susu, gula, dan mentega. Meskipun begitu, rasa dari prol tape ini begitu fantastis jika masyarakat Jember-lah yang membuatnya.

Cita rasa manis, gurih dan sedikit asam akan kalian rasakan saat gigitan pertama menyantap prol tape. Cukup mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh khas Jember, harga dari prol tape terbilang murah dengan kisaran harga Rp20.000.

Baca Juga: 10 Tips Membuat Tape Singkong yang Legit, Aromanya Sedap Banget

3. Pia Tape

Cocok Buat Oleh-oleh, 5 Makanan Khas Jember yang Berbahan Baku TapeInstagram.com/purnamajati_jember

Jajanan pia memang sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Banyak daerah di nusantara telah menghasilkan pia dengan ciri khas tersendiri. Nah, Jember juga memiliki jajanan pia dengan berbahan dasar tape singkong.

Pembuatan jajanan pia khas Jember serupa dengan pembuatan pia pada umumnya, namun yang menjadi daya tarik adalah isiannya yang berbahan tape. Memiliki cita rasa yang unik, menjadikan pia tape khas Jember ini sayang untuk dilewatkan.

4. Brownies Tape

Cocok Buat Oleh-oleh, 5 Makanan Khas Jember yang Berbahan Baku TapeInstagram.com/purnamajati_jember

Mencari makanan oleh-oleh khas Jember yang kekininan, pilihan para wisatawan yang berkunjung ke Jember pasti jatuh pada brownies tape. Inovasi yang unik dan menarik, masyarakat Jember menjadikan tape sebagai tambahan pepmbuatan brownies.

Penambahan tape tersebut menjadikan tekstur dari brownies lebih lembut dengan cita rasa yang fantastis.

5. Pao Tape

Cocok Buat Oleh-oleh, 5 Makanan Khas Jember yang Berbahan Baku TapeInstagram.com/jemberculinary

Terakhir, ada makanan khas Jember berbahan tape yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh yaitu bakpao.

Berbeda dengan bakpao pada umumnya, bakpao khas Jember berbahan dasar tape. Rasa yang dihasilkan pun berbeda dari bakpao biasa, karena pao khas Jember memiliki aroma tape yang begitu dominan. 

Kisaran harga dari pao tape khas Jember relatif murah yaitu Rp6000/buah dengan berbagai isian seperti matcha, cokelat, kacang dan masih banyak lainnya.

Nah, itulah 5 makanan khas Jember yang berbahan dasar tape. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh, semua makanan di atas mudah didapatkan di berbagai toko oleh-oleh khas Jember dengan harga yang relatif murah. 

Baca Juga: 6 Tips Memilih dan Menyimpan Tape Singkong supaya Selalu Enak 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Nawa Maulida di IDN Times Community dengan judul 5 Makanan Khas Jember Berbahan Tape, Cocok Dijadikan Oleh-oleh!

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya