Comscore Tracker

ASI Makin Lancar, 7 Superfood Ini Wajib Dikonsumsi oleh Ibu Menyusui

Makanan bergizi gak selalu mahal kok~

Selama ini bayi yang baru lahir tentu membutuhkan asupan gizi yang baik. Satu-satunya yang bisa mereka konsumsi adalah ASI. Nah, para ibu menyusui wajib tahu daftar makanan super yang bagus untuk melancarkan ASI.

Jika ASI lancar, maka kebutuhan gizi bayi akan tercukupi. Dan tentunya akan membuat hati sang ibu merasa tenang. Berikut superfood yang bisa memperlancar ASI.

1. Oatmeal

ASI Makin Lancar, 7 Superfood Ini Wajib Dikonsumsi oleh Ibu Menyusuipexels.com/@foodie-factor

Oatmeal merupakan sumber makanan yang kaya akan laktogenik, kandungan gizi yang berkhasiat memperbanyak produksi ASI. Selama menyusui ibu juga biasanya sering merasa lapar, nah oatmeal ideal menjadi asupan sehari-hari sebab mampu membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. 

2. Yoghurt

ASI Makin Lancar, 7 Superfood Ini Wajib Dikonsumsi oleh Ibu Menyusuiunsplash.com/@marjan_blan

Ibu menyusui pun membutuhkan asupan susu, ini bisa didapatkan dari yoghurt yang mengandung banyak protein, kalsium dan probiotik yang membuat pencernaan menjadi lancar. Konsumsi rutin susu segar atau olahan susu bagi ibu hamil akan memperbanyak kandungan gizi di dalam ASI yang dikeluarkan.

3. Alpukat

ASI Makin Lancar, 7 Superfood Ini Wajib Dikonsumsi oleh Ibu Menyusuiunsplash.com/@nurafnisetiyaningrum

Buah sejuta manfaat ini memang tak pernah absen dari berbagai khasiat untuk kesehatan, termasuk bagi ibu menyusui. Alpukat menyuplai asupan lemak baik serta limpahan antioksidan, serat dan potassium, yang semuanya berpengaruh pada kualitas ASI. 

Baca Juga: 7 Superfood Khas Jepang yang Bisa Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

4. Sayur-sayuran hijau

ASI Makin Lancar, 7 Superfood Ini Wajib Dikonsumsi oleh Ibu Menyusuiunsplash.com/@chiapppa

Kandungan vitamin A dan vitamin K dalam bayam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu menyusui karena bisa diserap bayi sebagai pencegah terjadinya pendarahan seperti yang banyak dialami bayi saat baru lahir.

Bayi yang lahir secara prematur juga membutuhkan banyak asupan zat besi yang terkandung dalam bayam, pasalnya bayi prematur memiliki kekurangan zat besi dalam tubuhnya.

5. Telur

ASI Makin Lancar, 7 Superfood Ini Wajib Dikonsumsi oleh Ibu Menyusuipexels.com/@polina-tankilevitch

Makanan tinggi asam folat tidak melulu vitamin atau ikan berlemak yang mahal, telur ayam juga memiliki asam folat yang tinggi. Asam folat ini akan berfungsi sebagai pelancar ASI dan membantu tumbuh kembang otak bayi. 

6. Ikan lele

ASI Makin Lancar, 7 Superfood Ini Wajib Dikonsumsi oleh Ibu Menyusuiunsplash.com/@turner_imagery

Dibandingkan jenis ikan laut yang rentan kandungan tinggi merkuri, ikan lele lebih aman dan gak kalah bergizi. Ikan lele memiliki asam amino yang bisa bantu perkembangan otak bayi dan meningkatkan produksi ASI ibu menyusui. 

7. Udang

ASI Makin Lancar, 7 Superfood Ini Wajib Dikonsumsi oleh Ibu Menyusuipexels.com/@jonathanborba

Yang terakhir ialah udang. Udang bisa jadi alternatif ibu menyusui yang kurang menyukai ikan lele. Di dalam udang terkandung asam lemak omega 3 dan protein, sehingga ASI yang dihasilkan berlimpah nutrisi. 

Nah, itu tadi beberapa superfood yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui. Dengan memperhatikan pola makan, asupan gizi yang diterima anak juga akan terjamin karena ASI yang dihasilkan berkualitas baik. 

Baca Juga: 6 Superfood Ini Punya Nutrisi Lebih Tinggi dari Suplemen, Bikin Sehat!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh SA di IDN Times Community dengan judul 7 Superfood yang Wajib Dikonsumsi Ibu Menyusui, ASI Jadi Makin Lancar

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya