Comscore Tracker

Wajib Kamu Cicipi, Jenis-jenis Durian yang Jadi Primadona Jawa Timur

Jadi pengin belah duren

Surabaya, IDN Times - Memiliki rasa serta aroma menyengat yang khas, membuat buah durian jadi favorit banyak orang. Termasuk Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa. Baru-baru ini, dia mengunggah foto Durian Kawuk asal Kabupaten Madiun di akun Instagramnya, @khofifah.ip.

Lantas apakah hanya itu saja jenis durian yang ada di Jatim? Tentunya tidak. Berikut durian-durian andalan Jatim yang dirangkum IDN Times. Durenlovers wajib mencicipi!

1. Durian Merah

Wajib Kamu Cicipi, Jenis-jenis Durian yang Jadi Primadona Jawa TimurDurian merah. Instagram.com/durianmerahbanyuwangi

Durian Merah menjadi salah satu jenis durian yang diburu oleh pencinta durian. Raja buah yang satu ini warna dagingnya tidak kuning seperti pada umumnya. Namun berwarna merah sesuai dengan namanya. Jangan ditanya rasa, durian berasal dari Songgon, Banyuwangi ini sangat nikmat. Bijinya lebih kecil dan dagingnya pun lebih tebal.

2. Durian Rindu

Wajib Kamu Cicipi, Jenis-jenis Durian yang Jadi Primadona Jawa TimurDurian Rindu. Instagram.com/khofifah.ip

Selain Durian Merah asal Banyuwangi, Durian Rindu merupakan salah satu varietas durian unggulan di Jatim. Durian ini berasal dari Kabupaten Trenggalek. Jika dilihat dari luar, duri-duri pada kulit buahnya mempunyai ciri khas. Yakni saling berhimpitan. Sementara kulit buahnya cenderung tipis. Tapi jangan salah, dagingnya sangat tebal. Aromanya tidak terlalu menyengat seperti durian lainnya.

Baca Juga: Cocok untuk Takjil, Resep Kolak Durian yang Lumer di Mulut

3. Durian Kembang

Wajib Kamu Cicipi, Jenis-jenis Durian yang Jadi Primadona Jawa TimurDurian Kembang. Instagram.com/khofifah.ip

Varietas durian unggul di Jatim berikutnya ialah Durian Kembang. Durian ini bisa didapatkan di Kabupaten Lumajang. Jika Durian Merah dan Rindu bisa mencapai ukuran besar, maka Durian Kembang tidak. Ukurannya cenderung kecil. Apabila dibelah, terdapat kembang di dalam buah Durian Kembang. Rasanya campuran manis dan pahit. Saat disantap, meleleh di lidah laiknya mentega.

4. Durian Kawuk

Wajib Kamu Cicipi, Jenis-jenis Durian yang Jadi Primadona Jawa TimurGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memegang Durian Kawuk. Instagram.com/khofifah.ip

Durian ini berasal dari Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun. Jika dibelah, varietas durian yang satu ini mempunyai buah tebal dengan warna kuning cerah. Lebih lanjut, rasanya legit dan manis. Sementara aromanya wangi menggoda.

5. Durian Mrico, Lurik, Kendil, dan Bajul

Wajib Kamu Cicipi, Jenis-jenis Durian yang Jadi Primadona Jawa TimurDurian Bajul. Instagram.com/sugeng_trans

Keempat jenis durian ini dapat ditemui di Duyung, Mojokerto. Sesuai namanya, Durian Mrico berukuran kecil dengan rasa yang manis. Kalau Durian Lurik lebih besar, rasanya manis tapi sedikit pahit. Kulit buannya berwarna hijau. Kemudian Durian Kendil kulitnya kuning dengan rasa dominan pahit dan Durian Bajul ukurannya lebih besar dari ketiga lainnya. Berbentuk lonjong, rasanya dominan pahit.

Baca Juga: Tahun Ini Kenduri Durian Wonosalam Jombang Dibatalkan akibat Pandemik

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya