Comscore Tracker

Potret Keuangan Millennial, Cashless Tanpa Ribet

Periaku keuangan milenial mendorong ekosistem cashless

Surabaya, IDN Times - Millennial gak mau ribet. Terutama dalam urusan keuangan. Sehingga, dalam urusan belanja kebutuhan kehidupan, mereka cenderung memilih transaksi digital.

Hasil riset IDN Times yang diterbitkan dalam Indonesia Millennial Report 2022, sebanyak 72% millennial mengatakan bahwa urusan keuangan mereka cenderung chasless atau non tunai. Sebagian besar dari data itu, yakni 46% millennial memilih menggunakan e-wallet atau dompet digital dan 4% sisanya memilih memakai e-money atau uang elektronik.

1. Perilaku keuangan millennial lahirkan ekosistem cashless

Potret Keuangan Millennial, Cashless Tanpa RibetANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Nah, perilaku millennial dalam hal keuangan ini kemudian ditangkap oleh pergeseran sistem kehidupan sehari-hari di Indonesia.  Di Indonesia, e-money digunakan terutama untuk transportasi sehari-hari. Seperti Commuter Line, MRT, atau layanan bus, khususnya di Jakarta, menggunakan kartu e-money sebagai pengganti tiket konvensional.

Transaksi jalan tol di Indonesia juga telah bergeser ke pembayaran non tunai dengan e-money untuk kemudahan. Orang bisa top up e-money dan e-wallet mereka melalui ATM atau dengan bantuan minimarket yang kehadirannya ada di mana-mana di tanah air.

Bahkan, sekarang untuk standarisasi transaksi e-wallet, Bank Indonesia telah meluncurkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Penggunaan QRIS pun mempermudah transaksi e-wallet, seperti orang sekarang dapat membayar menggunakan layanan e-wallet.

Baca Juga: IMR 2022, Emil Dardak: Milennial Jangan Tinggalkan Sains

2. Milenial tunai dan non tunai

Potret Keuangan Millennial, Cashless Tanpa RibetPembayaran tiket cinema drive in di Semarang dilakukan secara non tunai. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Masih dari hasil riset Indonesia Millennial Report 2022, terdapat pergeseran signifikan perilaku millennial dalam transaksi. Sebanyak 64 persen tertarik dengan transaksi non tunai, 86 persen mengatakan masih tertarik dengan transaksi tunai.

Preferensi terhadap transaksi non-tunai meningkat seiring dengan kelas sosial ekonomi seseorang: semakin kaya seorang millennial, semakin besar kemungkinan mereka untuk memilih transaksi cashless.

3. Beberapa faktor milenial yang masih stay transaksi tunai

Potret Keuangan Millennial, Cashless Tanpa Ribetpexels.com/EVG Photos

Mungkin kecenderungan perilaku itu, karena mereka yang berasal dari ekonomi lebih rendah memiliki lebih sedikit infrastruktur yang dapat mendukung transaksi non tunai (murah ponsel dengan fitur terbatas, masalah dengan koneksi internet), biaya penggunaan e-wallet (walaupun kelihatannya kecil, biayanya bertambah besar), atau karena kurang percaya diri dalam transaksi cashless (takut ditipu dan kehilangan uang).

Untuk lebih lugasnya, analisa riset perilaku milenial di bidang keuangan ini dibahas tuntas dalam acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022, menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: IMR 2022: Wawancara Gibran Bicara Transformasi Digital Hingga Keluarga

Topic:

  • Zumrotul Abidin
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya