Comscore Tracker

3 Fitur Kunci di Tokopedia yang Bikin UMKM Melesat

UMKM wajib tahu fitur pendongkrak penjualan

Surabaya, IDN Times - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) semakin lekat dengan e-commerce. Banyak platform yang bergerak dalam bisnis e commerce semakin mendekatkan diri dengan beragam inovasi. Salah satunya dengan inovasi fitur yang memudahkan dan menguntungkan bagi UMKM. Tokopedia salah satunya, yang menghadirkan beragam fitur demi mempermudah para pegiat usaha lokal untuk menciptakan peluang melalui pemanfaatan kanal digital.

Tokopedia pun membagikan tiga fitur yang bisa digunakan para pegiat usaha untuk membantu meningkatkan omzet serta memperluas pasar di seluruh Indonesia. Berikut ini 3 fitur kunci di Tokopedia yang bikin UMKM melesat. Simak yuk! 

1. Fitur bebas ongkir

3 Fitur Kunci di Tokopedia yang Bikin UMKM MelesatBebas ongkir sepuasnya (Dok. Tokopedia)

Fitur bebas ongkos kirim (bebas ongkir) di Tokopedia adalah fitur yang memberikan gratis biaya pengiriman untuk pembeli yang menggunakan layanan pengiriman Reguler dan Same Day. Dengan fitur ini, penjual dapat mendorong calon pembeli untuk membeli produk tanpa khawatir ongkos kirim yang harus dikeluarkan. Sehingga membuka peluang untuk menarik lebih banyak calon pembeli dan berbelanja ke toko.

Baca Juga: Tokopedia Rilis GoPayLater Cicil, Metode Pembayaran Semakin Variatif

2. Manfaatkan Fitur TopAds

3 Fitur Kunci di Tokopedia yang Bikin UMKM Melesathttps://ginee.com/

Penjualan menggunakan TopAds membuat produk yang dijual akan lebih mudah dilihat oleh calon pembeli. Sehingga, setelah menggunakan TopAds, pelaku usaha bisa merasakan penjualan bisa lekas naik. 

TopAds terdiri dari dua jenis iklan, yaitu Iklan Manual dan Iklan Otomatis. Dengan mengaktifkan TopAds Manual, kredit TopAds akan dipotong setelah laman produk diklik oleh calon pembeli. Sedangkan TopAds Otomatis, penjual cukup mengatur anggaran harian tanpa perlu melakukan pengaturan biaya per iklan.

TopAds sangat membantu penjualan. Cara pakainya juga mudah, cukup top up dan sudah bisa mendatangkan pembeli sendiri dengan algoritma yang diaturkan langsung oleh Tokopedia. Selain meningkatkan penjualan, fitur ini pun bisa menaikkan engagement penjual dengan pembeli.

3. Layanan pengiriman instan

3 Fitur Kunci di Tokopedia yang Bikin UMKM MelesatKampanye Tokopedia, Selalu Ada Selalu Bisa (Dok. Tokopedia)

Pengiriman instan sangat diminati pembeli, sehingga penjual sangat direkomendasikan untuk mengaktifkan pilihan pengiriman instan. Selain membuat pembeli puas, reputasi penjual pun dapat meningkat karena produk yang sudah terjual tiba di tangan pembeli dalam waktu singkat. Penjual dapat mengaktifkan fitur ‘Instant Kurir’ dengan menggunakan layanan pengiriman GoSend atau instan kurir lainnya.

Selain menghadirkan berbagai fitur yang menguntungkan penjual, lewat inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga menyediakan berbagai materi edukasi bagi para UMKM, lewat Pusat Edukasi Seller. Melalui Pusat Edukasi Seller, diharapkan penjual dapat memaksimalkan penjualan. Para penjual juga dapat mendapatkan informasi lengkap lainnya di akun media sosial @tokopediaseller. 

Baca Juga: Yuk Intip Fitur Tokopedia untuk Dongkrak Pendapatan dan Perluas Pasar

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya