Comscore Tracker

PPKM Darurat, PT KAI Terima Pembatalan Perjalanan Kereta

Atas inisiatif pelanggan maupun pembatasan operasional

Madiun, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) Daop 7 Madiun melayani permintaan pembatalan perjalanan kereta oleh pelanggan. Ini seiring dengan perpanjangan masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. 

Tidak hanya bagi calon penumpang yang perjalanan keretanya ditunda oleh PT KAI. Namun, juga bagi calon penumpang kereta yang masih beroperasi. Pelanggan ini ingin membatalkan kepergiannya karena suatu alasan tertentu.

1. Nominal uang pembatalan atas inisiatif pelanggan sebanyak 75 persen

PPKM Darurat, PT KAI Terima Pembatalan Perjalanan KeretaPelayanan di loket Stasiun Madiun. Dok.IDN Times/Humas PT KAI Daop 7 Madiun.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan bahwa nominal uang pengembalian bagi pelanggan yang membatalkan atas inisiatif sendiri tidak penuh. “Bagi calon pelanggan yang membatalkan tiket karena keinginan sendiri, maka biaya tiket akan dikembalikan 75 persen,” kata dia, Senin (19/7/2021).

Jumlah uang yang dikembalikan, ia melanjutkan, tidak sama dengan calon penumpang yang perjalanan keretanya dibatalkan oleh PT KAI. Untuk pelanggan ini menerima uangnya penuh atau 100 persen dari harga tiket.

2.Dapat menggunakan aplikasi KAI Access

PPKM Darurat, PT KAI Terima Pembatalan Perjalanan KeretaSerorang calon penumpang sedang menunggu kereta di Stasiun Madiun.Dok.IDN Times/Humas PT KAI Daop 7 Madiun.

Adapun proses pembatalan tiket, menurut Ixfan dapat diakses melalui KAI Access. Untuk pembatalan perjalanan oleh PT KAI, maka pengajuan dibatasi maksimal tiga jam sebelum jadwal keberangkatan. 

Bagi pembatalan sebelum tiga jam hngga H+30 dari tanggal yang tertera pada tiket, maka pembatalan juga dapat dilakukan. Caranya dengan mendatangi loket stasiun atau layanan Contact Center KAI melalui WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121.

3. Juga dilayani di loket stasiun

PPKM Darurat, PT KAI Terima Pembatalan Perjalanan KeretaSeorang penumpang saar turun di Stasiun Masiun Madiun. Dok.IDN Times/Humas PT KAI Daop 7 Madiun.

Bagi pelanggan yang keretanya masih beroperasi tapi pelanngan ingin membatalkan, maka dapat melalui KAI Access dan loket stasiun. Batas maksimal pembatalan melalui KAI Access adalah sampai dengan tiga jam sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

Sedangkan jika melalui loket stasiun batas maksimalnya adalah 30 menit sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

4. PT KAI batalkan perjalanan 12 kereta selama masa PPKM

PPKM Darurat, PT KAI Terima Pembatalan Perjalanan KeretaSuasana penumpang di dalam kereta api saat pandemik COVID-19. Dok.IDN Times/Humas PT KAI Daop 7 Madiun.

Ia lantas menyebut 12 moda transportasi masal yang perjalannya dibatalkan oleh PT KAI. Untuk kereta dengan jarak jauh ada sembilan, seperti Singasari (Blitar - Pasarsenen dan sebaliknya), Bangunkarta (Jombang - Pasarsenen dan sebaliknya, dan Brawijaya (Malang - Gambir dan sebaliknya).

Sedangkan kereta lokal yang perjalannya dibatalkan ada tiga, yaitu Dhoho (Surabaya Kota - Kertosono dan sebaliknya), Penataran (Blitar - Malang - Surabaya dan sebaliknya), juga kereta ekonomi lokal Kertosono (Surabaya Kota - Kertosono dan sebaliknya).

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya