Comscore Tracker

Harga Cabai Rawit di Jember Meroket Jadi Rp40 Ribu Per Kilogram

Naiknya harga dipicu banyaknya cabai terkena hama cacar

Jember, IDN Times - Harga cabai rawat di pasar tradisional terus meroket sejak sepekan terakhir. Berdasarkan pantauan IDN Times, harga terus naik di angka kelipatan Rp5 ribu dalam sebulan terakhir.

"Sekarang harga cabai sret mahal, per kilogram di pasar Rp 40.000 per kilogram. Kalau dari petani harganya Rp 35.000. Pokoknya selama saya belanja kulakan sebulan terakhir, naik empat kali, naiknya Rp 5.000 terus," ujar pedagang sayur keliling, di Pasar Tradisional Tempurejo, Kabupaten Jember, Muhammad Tekur , Rabu (1/12/2021).

1. Harga cabai merangkak naik sejak dua bulan terakhir

Harga Cabai Rawit di Jember Meroket Jadi Rp40 Ribu Per KilogramInfografis rata rata harga cabai per 1 Desember 2021. IDN Times/Siskaperbapo

Tekur menyebut, dalam dua bulan lalu, harga cabai masih di kisaran Rp 10 ribu-15 ribu per kilogram. Harganya Kemudian merangkak naik di bulan November, yaitu Rp20 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram.

"Naik cepat kelipatan Rp5 ribu, bahkan ada yang samapi Rp45 ribu," jelasnya.

Salah satu penyebab naiknya harga cabai adalah produksi yang terganggu. Para petani mengeluhkan rendahnya produksi lantaran tanaman milik mereka terkena penyakit. Petani cabai asal Jenggawah, Suhari salah satunya. Ia menyebut tanaman cabai miliknya saat ini banyak yang terkan serangan penyakit cacar buah (antraknosa). Penyakit tersebut tergolong jenis jamur yang bisa membuat buah menjadi busuk sebelum dipanen.

"Harganya sekarang memang mahal. Tapi cabai saya banyak yang terkena cacar karena sering turun hujan," ujar Suhari.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit Anjlok, Ini Dua Faktornya

2. Banyak cabai yang harus dipanen muda

Harga Cabai Rawit di Jember Meroket Jadi Rp40 Ribu Per KilogramIlustrasi Cabai Rawit. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Suhari menyebut jenis penyakit cacar sulit dikendalikan karena penyebarannya yang cepat. Tidak hanya pada buah cabai, jamur cacar juga menyerang bagian batang dan ranting cabai.

"Caranya ya harus lebih ekstra disemprot fungisida. Dan mengurangi risiko segera dipanen muda. Kalau harga di tingkat petani sekarang Rp35 ribu" ujarnya.

3. Harga tertinggi di Jatim Rp50 ribu

Harga Cabai Rawit di Jember Meroket Jadi Rp40 Ribu Per KilogramPedagang sayur melayani pembeli cabai di Pasar Induk Rau Serang, Banten, Selasa (9/3/2021) (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Sementara itu, berdasarkan Sistem Informasi Harga Kebutuhan Pokok, (Siskaperbapo) Disperindag Jatim, per 1 Desember 2021, harga cabai rawit di Kabupaten Jember mencapai Rp40.500. Sementara di Banyuwangi Rp41.666 per kilogram.

Dari 19 data kabupaten-kota yang masuk dari total 38 kota-kabupaten pada pukul 08.45 WIB, harga rata-rata cabai rawit di Jawa Timur Rp 34.869. Sementara harga rata-rata tertinggi di Kabupaten Ngawi mencapai Rp50 ribu, dan harga rata-rata terendah di Kabupaten Lumajang Rp24 ribu per kilogram.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit di Tingkat Petani Jatim Anjlok, Ini Faktornya

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya