Comscore Tracker

Harga Cabai Rawit dan Bawang di Surabaya Turun Drastis

Emak-emak gak kepedesan lagi

Surabaya, IDN Times - Harga cabai rawit yang sebelumnya di atas Rp100 ribu, kini turun drastis dan menyentuh Rp65 ribu per kilogram. Salah satu penjual cabai rawit di Pasar Wonokromo, Deka mengaku senang dengan penurunan harga cabai tersebut. "Alhamdulillah cabai rawit harganya turun drastis," ujar Deka saat ditemui di lapaknya, Selasa, (26/7/2022). 

1. Harga bawang merah juga mengalami penurunan

Harga Cabai Rawit dan Bawang di Surabaya Turun DrastisSuasane pasar Wonokromo Surabaya, Selasa (26/7/2022). IDN Times/Khusnul Hasana

Deka mengatakan, bukan hanya cabai rawit saja yang mengalami penurunan harga. Komoditas lain seperti bawang merah juga demikian. "Bawang merah dari Rp70 ribu per kilogram jadi Rp40 ribu per kilogram. Kalau bawang putih tetap stabil yaitu Rp 28 ribu per kilo karena kan impor,” sebutnya.

Sebaliknya, harga minyak goreng cenderung stagnan. "Minyak goreng curah masih stabil diharga Rp14.500 per kilogram. Minyak goreng kemasan Rp35 ribu per dua liter," pungkasnya.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit Mulai Turun, Berpotensi Anjlok 4 Bulan Lagi

2. Harga cabai di Surabaya sangat fluktuatif

Harga Cabai Rawit dan Bawang di Surabaya Turun DrastisSuasane pasar Wonokromo Surabaya, Selasa (26/7/2022). IDN Times/Khusnul Hasana

Harga cabai rawit di Surabaya sendiri memang sedang tidak stabil. Pada pertengahan bulan Juli, harga cabai mengalami kenaikan yang cukup tinggi kemudian perlahan turun. Hal ini terlihat pada data yang dimiliki Dinas Koperasi dan Perdagangan (Dinkopdag) Surabaya. Harga cabai rawit yang pada pertengahan bulan Juli sempat menyentuh angka Rp111.250 per kilogram, terus turun hingga menyentuh angka Rp71 ribu per kilogram pada hari ini.

3. Harga bawang dan cabai di Kota Surabaya menjadi gambaran harga bahan pokok di Jawa Timur

Harga Cabai Rawit dan Bawang di Surabaya Turun Drastisilustrasi bawang (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Kondisi di Surabaya juga menjadi gambaran keseluruhan di Jawa Timur. Berdasarkan data Sistem Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (SISKAPERBAPO) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, rerata harga cabai rawit pada pertengahan Juli lalu mencapai Rp85.858 per kilogram menjadi Rp62.194 per kilogram pada Selasa, (26/7/2022).

Sementara bawang merah yang pada pertengahan bulan Rp64.948 per kilogram, saat ini menyentuh Rp42.328 per kilogram.

Baca Juga: Cabai Besar Masih Mahal, Asosiasi: Stoknya Sedikit

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya