Comscore Tracker

Konjen Jepang Optimistis Iklim Investasi Surabaya Segera Pulih

Diharapkan lebih banyak perusahaan berinvestasi di Surabaya

Surabaya, IDN Times - Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Surabaya, Takeyama Kenichi menilai iklim investasi di Kota Surabaya akan segera pulih berkat pengendalian pandemik COVID-19 yang baik. Ia pun optimistis kerja sama Kota Surabaya dan investor Jepang akan berlangsung dengan baik.

1. Iklim investasi di Surabaya dinilai segera pulih

Konjen Jepang Optimistis Iklim Investasi Surabaya Segera PulihJalan Ahmad Yani, Kota Surabaya dari udara. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Takeyama menyampaikan pendapatnya mengenai iklim investasi ini di depan Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, Wali Kota Surabaya yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Surabaya Irvan Widyanto, dan Direktur Operasi PT SIER Didik Prasetiyono. Ia menilai sinyal-sinyal pulihnya perkenomian di Surabaya sudah tampak.

"Saya memberikan apresiasi terhadap iklim investasi di Jawa Timur khususnya Surabaya. Pengendalian pandemi yang baik ini tentunya akan segera memulihkan iklim investasi, sudah terlihat dari data. Kedepan tentunya berharap adanya permudahan regulasi bagi investasi asing, pekerja asing khususnya dari Jepang, dan kemudahan-kemudahan regulasi lainnya utamanya perpajakan,” ujarnya, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga: Investasi Belum Target, Pemkot Surabaya Permudah Investor

2. Perusahaan Jepang berkembang dengan baik di Jatim

Konjen Jepang Optimistis Iklim Investasi Surabaya Segera PulihPertemuan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Surabaya, Takeyama Kenichi dengan Pemkot Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Takeyama menyebutkan, saat ini terdapat 155 perusahaan Jepang yang berinvestasi di Jawa Timur. Ia bersyukur perusahaan-perusahaan ini berkembang dengan baik berkat dukungan sumber daya alam, pekerja, infrastruktur dan iklim investasi yang baik.

“Surabaya ini kota yang nyaman untuk tempat tinggal, banyak pengusaha Jepang yang memilih tinggal di Surabaya lebih dari 20 Tahun. Masyarakatnya terbuka dan itu baik untuk keberagaman kultur kota industri,” tuturnya.

3. DPRD siapkan rancangan Perda mengenai pekerja asing

Konjen Jepang Optimistis Iklim Investasi Surabaya Segera PulihKetua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Di kesempatan itu, Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono menambahkan bahwa pihaknya merancang Peraturan Daerah untuk pengaturan pekerja asing. Ia meminta banyak masukan dari Konjen Jepang dan staf mengenai landasan hukum bagi kemudahaan investasi Jepang di Jatim khususnya Surabaya.

“Masukan-masukan seperti dari Konjen Jepang itu kami nanti dan akan kami bahas. Agar raperda pekerja asing nanti bisa menjadi pemantik iklim investasi yang lebih pesat di Surabaya,” ungkap Awi, sapaan akrab Adi.

4. Pemkot Surabaya punya banyak potensi kerja sama dengan Jepang

Konjen Jepang Optimistis Iklim Investasi Surabaya Segera PulihBalai Kota Surabaya. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Surabaya, Irvan Widyanto menerangkan bahwa banyak potensi kerjasama yang sudah dibina Pemkot Surabaya dengan Pemerintah Jepang. Diantaranya adalah kerjasama penelitian ekosistem mangrove dengan tenaga ahli dari Kota Kitakyushu Jepang.

“Kota Kitakyushu memiliki teknologi yang dapat menganalisa jenis-jenis mangrove termasuk aneka hayati dan fauna. Proses kerjasama itu sekarang sudah mulai penjajakan. Kami berharap semakin banyak lagi kerjasama bidang kemajuan teknologi lainnya yang dijalin,” terang Irvan.

5. Berharap lebih banyak perusahaan Jepang berinvestasi di SIER

Konjen Jepang Optimistis Iklim Investasi Surabaya Segera PulihKSAL Laksamana TNI Yudo Margono saat meninjau Rumah Oksigen di kawasan SIER, Jumat (20/8/2021). Dok istimewa

Direktur Operasi PT SIER, Didik Prasetiyono mengungkapkan bahwa banyak investor dari Jepang yang berinvestasi di kawasan industri SIER, khususnya di PIER Pasuruan. Pertemuan dengan Konjen Jepang ini pun diharapkan mendatangkan lebih banyak perusahaan Jepang untuk berinvestasi di kawasan industri yang dikelola BUMN ini.

“Kami menyampaikan product knowledge tentang potensi ekonomi di Jawa Timur baik tentang ketersediaan sumber daya alam, potensi pasar maupun tenaga kerja dan infrastruktur yang memadai termasuk pengelolaan limbah yang terintegrasi. Pak Konjen menyambut tangan terbuka untuk pembicaraan lebih lanjut,” tutupnya.

Baca Juga: Sambang ke IDN Media, Eri Ajak Media Kritisi Kinerja Pemkot Surabaya

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya