Polda Jatim dan Pertamina Getol Cek SPBU Jelang Lebaran

Antisipasi kecurangan dan penimbunan

Surabaya, IDN Times - Polda Jawa Timur (Jatim) bersama Pertamina Patraniaga Jatimbalinus memeriksa kondisi SPBU di wilayahnya jelang mendekati Hari Raya Idul Fitri. Ada dua tempat yang dicek yakni SPBU Jermursari dan SPBU Ngagel pada Selasa (2/4/2024).

Kasubdit Penmas Humas Polda Jatim, AKBP Sinwan mengatakan, pengecekan untuk menjamin kenyamanan bagi masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024. "Pertama, terkait kandungan air kita cek sama-sama tidak ditemukan kontaminasi udara," ujarnya.

"Lalu pengecekan dengan TERA di beberapa SPBU sesuai SOP,” ungkap Sinwan menambahkan. 

Sementara itu, Head Communicatiom and Relation Pertamina Patraniaga Jatimbalinus Taufiq Kurniawan memastikan Pertamina siap menyambut Idul Fitri dengan maksimal. 

Ia menyebut seluruh aspek sudah terpenuhi mulai dari aspek keamanan hingga kualitas BBM. 

"Kami rutin melakukan pengecekan aspek safety, kemudian kami cek tidak ada kontaminasi udara, lalu literan TERA aspek kuantitas dan kualitas, kemudian jenis warna, lalu sudah pengecekan bahan bakar Pertlaite masih masuk batas tolerasnsi Labolatorium Metrologi," kata Taufiq. 

Selain itu, ia juga melakukan pengecekan alat pembayaran untuk memastikan dapat berjalan aman dan tidak ada hambatan saat proses pembayaran yang dapat menimbulkan antrian. 

Terkait dengan stok, Taufik mengakui memang ada peningkatan konsumsi BBM Bensin sebesar 11-15 persen. Namun, memutuskan untuk melakukan penebalan untuk mengantisipasi kelangkaan. 

"Memang ada kenaikan sektor BBM Bensin sebesar 11-15 persen, namun kami sudah mencakup dengan penebalan stok 5-20 persen di seluruh titik mulai depo sampai SPBU,” kata dia.

Oleh karena itu, ia menjamin seluruhnya sudah disiapkan dengan baik dan berharap masyarakat dapat mudik dengan nyaman dan aman.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Pemprov Jatim Pelototi Harga Bahan Pokok

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya