Comscore Tracker

Harga Sembako Naik Jelang Nataru, Ini Cara Stabilisasi Ala Pemprov

Sembako mundak kabeh, skincare-mu mundak gak?

Surabaya, IDN Times - Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) menyisakan dua pekan lagi. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur (Jatim) menyiapkan langkah untuk menjaga stabilisasi harga karena terkait dengan pembentukan inflasi.

1. Merujuk pada SK Gubernur Jatim

Harga Sembako Naik Jelang Nataru, Ini Cara Stabilisasi Ala PemprovSuasana di pasar Kosagra, Rungkut, Surabaya. IDN Times/Faiz Nashrillah

Nah, kontrol stabilisasi terhadap harga bahan pokok sebenarnya sudah ada acuannya. Yakni dalam SK Gub Jatim No 71 Tahun 2020 tentang Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Pemprov Jatim telah membentuk satuan tugas yang berfungsi dalam mengendalikan keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, serta komunikasi efektif.

"Mengacu pada Permendag RI No 57 Tahun 2017, kita upayakan untuk mengendalikan pergerakan harga karena adanya kebijakan tentang Harga Eceran Tertinggi (HET)," ujar Kepala Disperindag Jatim, Drajat Irawan, Kamis (10/12/2020).

2. Koordinasi dengan instansi dan dinas lain untuk harga bahan pokok

Harga Sembako Naik Jelang Nataru, Ini Cara Stabilisasi Ala PemprovIlustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Disperindag, kata Drajat, juga telah berkoordinasi dengan Bulog Divre V, serta dinas yang membidangi perdagangan dan pasar. Drajat menyebut, sejumlah komoditas seperti beras, gula pasir, daging sapi, minyak goreng, dan tepung stoknya mencukupi dan aman hingga sampai pelaksanaan Nataru.

Stok yang berada di Bulog Divre Kanwil Jatim adalah beras sejumlah 229.698 ton, gula sejumlah 223.490, minyak goreng 273.468 ton, dan tepung 75.840 ton. Dinas Peternakan Jatim stok daging ayam sejumlah 3410 ton, telur sejumlah 24.998 ton. Dinas Perkebunan stok gula 940.319,10 ton. 

“Dari data yang dihimpun melalui Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) memang ada kenaikan pada komoditas cabai karena ada penurunan jumlah pasokan dan mulai masuknya musim penghujan serta adanya fenomena La Nina. Sementara untuk komoditas lain masih cukup terkendali,” terang Drajat.

Baca Juga: Libur Nataru, BNN Gelar Tes Urine Puluhan Sopir Bus di Jalur Pantura

3. Gelar Lumbung Pangan Jatim dan pasar murah

Harga Sembako Naik Jelang Nataru, Ini Cara Stabilisasi Ala PemprovPetugas PT Pos Indonesia ketika akan mengirim pesanan pelanggan dari layanan Lumbung Pangan Jatim. Dok. Humas Pemprov Jatim

Pemprov Jatim telah berupaya dalam melakukan pengendalian harga dan ketersediaan, salah satunya melalui gelaran Lumbung Pangan Jatim. Disperindag Jatim juga telah melakukan kegiatan pasar murah. Drajat mengimbau kepada dinas terkait yang ada di kabupaten/kota juga menggelar kegiatan pasar murah.

"Selain itu monitoring dan koordinasi dari dinas beserta pihak terkait lainnya diharapkan dapat membuat distribusi kian lancar, ketersedian cukup, serta harga yang stabil," pungkasnya.

Baca Juga: Jelang Nataru, Diskopindag Kota Malang Gelar Operasi Pasar

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya