Comscore Tracker

Harga Cabai Rawit di Tingkat Petani Jatim Anjlok, Ini Faktornya

Harga di pasaran berada pada kisaran Rp16 ribu per kg

Surabaya, IDN Times - Memasuki musim hujan, harga cabai rawit di Jawa Timur (Jatim) mengalami penurunan. Tapi, turunnya harga cabai rawit bukan karena musim hujan, melainkan ketersediaannya alias stoknya yang melimpah. Hal itu diungkap oleh Wakil Ketua Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia (AACI) Jatim, Nanang Triatmoko.

1. Harga cabai rawit di tingkat petani Rp9 ribu per kg karena panen raya

Harga Cabai Rawit di Tingkat Petani Jatim Anjlok, Ini Faktornyailustrasi cabe (pexels.com/Artem Beliaikin)

Nanang mengatakan, harga cabai rawit saat ini mencapai Rp9 ribu per kilogram di tingkat petani. Sebab, daerah sentra cabai rawit seperti Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso saat ini sedang panen raya. "Ini artinya saat ini hasil produksi melimpah," ujarnya, Rabu (17/11/2021).

Harga cabai, sambung Nanang, ditentukan oleh pasar. Nah, apabila hasil produksi meningkat namun serapannya kurang, bisa dipastikan harga turun. "Tidak sedikit jika para petani sengaja tidak memanen hasil cabainya atau bahkan ada juga yang membuangnya sebagai bentuk kekecewaan.

"Karena biaya produksi dengan hasil panen yang tidak sesuai. Bahkan untuk biaya petik cabai saja mencapai Rp3 ribu per kilogram," dia menegaskan.

2. Berharap pemerintah beri jalan agar cabai petani terserap industri

Harga Cabai Rawit di Tingkat Petani Jatim Anjlok, Ini FaktornyaIlustrasi Cabai Rawit. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Ia bersama para petani cabai pun berharap pemerintah membantu petani untuk serapan cabai ke industri. Menurutnya bantuan pemerintah berupa alat untuk mengolah cabai maupun cold storage belum bisa maksimal. "Turunnya harga cabai rawit ini sebenarnya masalah klasik dari tahun ke tahun," ucap Nanang.

"Bantuan alat pengolah dan cold storage belum mampu mengatasi karena hasil panen yang bisa mencapai 200 ton per hari. Sedangkan cold storage kapasitasnya hanya 5 ton. Jadi solusi yang tepat adalah penyerapan oleh industri. Bisa dikeringkan atau dijadikan pasta," dia menambahkan.

Baca Juga: 5 Masakan dari Cabai Pisang untuk Hasilkan Sensasi Pedas Manis

3. Harga rata-rata di pasar capai Rp20 ribu

Harga Cabai Rawit di Tingkat Petani Jatim Anjlok, Ini FaktornyaCabai rawit (IDN Times/Umi Kalsum)

Berdasarkan Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) harga rata-rata cabai rawit di Jatim, Rp16.371. Harga rata-rata tertinggi di Madiun Rp20.250 dan harga rata-rata terendah di Probolinggo Rp11.333.

Sementara itu untuk harga di pasar yang ada di Surabaya yakni mencapai mulai dari Rp14 ribu hingga Rp 20 ribu. Rinciannya, di Pasar Tambahrejo Rp14 ribu, Pasar Wonokromo Rp18 ribu, Pasar Genteng, Keputran dan Pucang Anom harganya mencapai Rp20 ribu.

Baca Juga: 5 Cara Menyimpan Cabai Agar Awet, Segar Terus dan Gak Gampang Kering

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya