Comscore Tracker

Emil Dorong Industri Ramah Lingkungan dan Lebih Manfaatkan SDM

Aqua Banyuwangi jadi percontohan

Surabaya, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Emil Elestianto Dardak mendorong industri yang ada di wilayah setempat untuk mengantongi sertifikasi sesuai standar yang berlaku. Seperti halnya yang telah dimiliki Pabrik Aqua diBanyuwangi

1. Sertifikasi sebagai bukti ramah lingkungan

Emil Dorong Industri Ramah Lingkungan dan Lebih Manfaatkan SDMWagub Jatim, Emil Elestianto Dardak saat berikan pemaparan industri ramah lingkungan, Selasa (28/9/2021). Dok. Istimewa.

Pabrik tersebut, baru-baru ini mendapat anugerah Green Building LEED Gold Certificate dari Gopalakrishnan Padmanabhan dari Green Business Certification Inc. (GBCI). Sertifikat ini diberikan kepada perusahaan yang telah menerapkan praktik bangunan yang ramah lingkungan.

"Dengan pendekatan efisiensi energi dan lingkungan, sertifikasi ini relevan sekali karena mendorong industri untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik pada sumber daya manusianya," ujar Emil tertulis, Selasa (28/9/2021).

Baca Juga: Kuatkan UMKM, Pemprov Sediakan Klinik KI di 5 Bakorwil

2. Makin geliatkan ekonomi ke depan, ajak untuk manfaatkan SDM

Emil Dorong Industri Ramah Lingkungan dan Lebih Manfaatkan SDMContoh industri ramah lingkungan di pabrik. Dok. Istimewa.

Saat ini, sambung Emil, Jatim menjadi peringkat kedua kontribusi ekonominya pada Indonesia. Sehingga, semakin banyaknya industri yang punya sertifikat ramah lingkungan maka akan ikut menjaga wilayah setempat. Mantan Bupati Trenggalek itu juga mengajak untuk lebih memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bukan hanya alam saja.

"Dengan total penduduk 40 juta, lebih besar dari Malaysia atau bahkan Australia sudah saatnya kita semua bertumpu pada sumber daya nanusianya, bukan lagi pada sumber daya alamnya”, tegasnya.

3. Industri berkomitmen jaga lingkungan

Emil Dorong Industri Ramah Lingkungan dan Lebih Manfaatkan SDMContoh industri ramah lingkungan di pabrik Aqua di Banyuwangi. Dok. Istimewa.

Sementara itu, Vice President Operations Danone AQUA, Frederic Maetz mengatakan bahwa Danone AQUA telah berkolaborasi dengan banyak pihak dalam menjalankan komitmen menjaga kelestarian masyarakat dan lingkungan. Hal tersebut sebagai wujud proaktif dan berkontribusi positif pada inisiatif mitigasi perubahan iklim.

"Kami melalui inisiatif Blue Operations berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang netral karbon dalam seluruh rantai pasokan perusahaan pada 2050. Sejumlah inisiatif telah dilakukan yaitu  efisiensi energi di seluruh lini operasional, pemanfaatan energi terbarukan, serta inovasi kemasan memanfaatkan daur ulang dari sampah plastik’," kata Fred.

Baca Juga: Sejumlah Upaya Pemprov Jatim Wujudkan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya