TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Google dan YouTube Bikin Indonesia Dialogue di UB, Ini Kata Mendag

YouTube berkomitmen dukung UMKM Indonesia

Zulkifli Hasan saat mengunjungi acara Startup Dialogue #GlowUp Bareng YouTube dan Google di UB. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Malang, IDN Malang - Google dan YouTube melaksanakan kegiatan Indonesia Dialogue #GlowUp di Universitas Brawijaya pada Rabu (25/9/2024). Tapi kali ini Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia (RI), Zulkifli Hasan juga ikut memeriahkan acara tersebut.

1. Zulkifli Hasan apresiasi kegiatan Indonesia StartUp #GlowUp

Zulkifli Hasan menyampaikan jika ia mengapresiasi acara yang diinisiasi oleh perusahaan digital Google dan YouTube ini. Pasalnya saat ini UMKM sangat membutuhkan support dari perusahaan ini agar produknya mengglobal.

"Kunjungan ini penting sekali, saya terima kasih kepada YouTube dan Google karena menyelenggarakan acara ini. Kegiatan ini bisa meningkatkan awareness UMKM kita untuk ikut e-commerce, sehingga produknya bisa dikenal secara global," terangnya.

Baca Juga: Alasan UB Datangkan DJ saat Ospek, Agar Relate dengan Maba

2. YouTube membuka peluang baru untuk UMKM Indonesia

Kepala Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik YouTube Asia Tenggara, Danny Ardianto mengatakan jika YouTube membuka peluang ekonomi baru di Indonesia, pasalnya konten kreator yang memiliki audience akan bertemu dengan UMKM yang punya konsumen. Ia menjelaskan jika selama ini konten kreator dan UMKM selalu berjalan sendiri-sendiri, tanpa tahu keduanya bisa mendapatkan manfaat, karena produk dikenal audience dari kreator.

"Kalau kreator mendapatkan peluang ekonomi dari hasil me-review produk UMKM dan bisa langsung dibeli konsumen. Kemudian YouTube Shoping ini bisa langsung beli dari link yang muncul di video, itu namanya program afiliasi YouTube Shoping. Ini baru launching, kami evaluasi terus yang sekarang sudah berjalan," bebernya.

3. YouTube launching fitur shoping di Indonesia

Lebih lanjut, Danny mengatakan jika mereka meluncurkan fotur YouTube Shoping untuk mendukung UMKM. Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan peluncuran fitur ini, kemudian peluncuran dilakukan di Vietnam dan Thailand. Sebelumnya Amerika Serikat dan Korea Selatan telah merasakan fitur ini lebih dulu.

"Program afilisasi YouTube Shoping di launching minggu lalu, Indonesia ini adalah negara ketiga yang memiliki program ini setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan. Di Asia Tenggara Indonesia merupakan negara pertama, jadi kami rasa Indonesia menjadi negara penting untuk program afiliasi YouTube Shoping," tandasnya.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Dorong Mahasiswa Itera Kuasai Bisnis Digital

Verified Writer

Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya