Comscore Tracker

Sempat Anjlok, Harga Cabai Mulai Stabil Rp20.000 per Kg

Sayangnya, kualitas cabai kurang bagus

Malang, IDN Times - Harga cabai di pasaran yang sebelumnya sempat anjlok kini perlahan tapi pasti mulai merangkak naik. Para pedagang pun menduga pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi salah satu faktornya. Selain itu, pelonggaran PPKM pun membuat masyarakat perlahan mulai mau kembali ke pasar.

1. Paling mahal adalah cabai merah besar

Sempat Anjlok, Harga Cabai Mulai Stabil Rp20.000 per KgSeorang pedagang sedang membersihkan cabai. IDN Times/Alfi Ramadana

Agus Salam, salah satu pedagang di Pasar Besar, Kota Malang menjelaskan bahwa setelah lebih dari sebulan harga cabai anjlok, kini kenaikan sudah mulai terasa. Cabai merah pada saat PPKM sempat menyentuh angka Rp12.000 ribu per kilogram kini mulai merangkak naik. Harga terbaru cabai merah kini sudah menyentuh angka Rp20.000 per kilogram. Sementara cabai merah besar yang sebelumnya kisaran Rp16.000- Rp18.000 kini menjadi Rp30.000 per kilogram.

"Saat ini untuk stoknya untuk cabai merah kecil masih mudah didapat. Kalau untuk cabai merah besar yang agak sulit stoknya," urainya Kamis (7/10/2021). 

2. Kualitas cabai kurang bagus

Sempat Anjlok, Harga Cabai Mulai Stabil Rp20.000 per KgPembeli sedang memilih komoditas kebutuhan dapur di Pasar Besarr Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Meski mulai merangkak naik, Agus menyebut bahwa kualitas cabai dari tengkulak justru agak menurun. Hal itu lantaran musim penghujan yang mulai datang. Agus pun tak berani mengambil stok terlalu banyak karena khawatir cabainya membusuk sebelum terjual habis. 

"Sekarang memang kualitasnya agak sedikit menurun. Tapi kalau yang cabai merah kecil stoknya masih banyak tersedia," tambahnya. 

Tidak hanya itu saja, Agus menyebut bahwa selama ini saat PPKM memang pasar cenderung lebih sepi. Kondisi itu membuat banyak stok cabai tak terjual karena masyarakat tidak banyak datang ke pasar. Setelah PPKM mulai dilonggarkan, stok cabai yang sebelumnya banyak mengendap kini mulai terjual. 

"Pelonggaran PPKM juga banyak berpengaruh pada penjualan cabai. Sebelumnya stoknya banyak tapi pembelinya sedikit. Tetapi sekarang setelah pelonggaran, pasar mulai ramai lagi dan pembeli mulai banyak," sambungnya. 

Baca Juga: Harga Cabai Rawit Anjlok, Ini Dua Faktornya

3. Harga komoditas lain masih stabil

Sempat Anjlok, Harga Cabai Mulai Stabil Rp20.000 per KgANTARA FOTO/Arnas Padda

Selain cabai, untuk harga komoditas lain seperti bawang merah, bawah putih masih stabil. Kisaran harga per kilogramnya masih diangka Rp 25.000. Harha tersebut sudah bertahan selama sebulan terakhir. Sempat turun harga menjadi Rp 23.000, tetapi kini harga dua komoditas tersebut kembali stabil. 

"Kemarin memang sempat ada penurunan harga setelah ada jenis bawang merah dari Nganjuk. Tetapi kemudian kini harga mulai stabil lagi," pungkasnya. 

Baca Juga: Sambatan dari Kebun, Nestapa Petani Cabai di Tengah Lesunya Harga

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya