Comscore Tracker

RS Darurat Lapangan Malang Beroperasi Besok, Terima 25 Pasien Pertama

Ada 306 tempat tidur untuk pasien COVID-19

Malang, IDN Times - Rumah Sakit Darurat Lapangan Idjen Boulevard yang disiapkan untuk membantu penanganan COVID-19 sudah siap beroperasi. Rumah sakit lapang yang berada dibawah pengawasan RS Saiful Anwar Malang itu sudah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur, Rabu (16/12/2020). Setelah diresmikan, RS lapangan tersebut akan langsung beroperasi mulai Kamis (17/12/2020) besok dengan menerima 25 pasien. 

1. Memiliki kapasitas 306 bed

RS Darurat Lapangan Malang Beroperasi Besok, Terima 25 Pasien PertamaIGD RS darurat lapangan Idjen Boulevard. IDN Times/Alfi Ramadana

Ketua Tim Rumpun Tracing Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Jatim, dr Kohar Hari Santoso menjelaskan bahwa kapasitas dari RS yang berada di Jl Ijen, No 77, Kota Malang tersebut adalah 306 bed. Tetapi, untuk tahap awal pengoperasian belum mencapai jumlah tersebut. Masih ada beberapa ruangan yang perlu dipersiapkan lebih baik lagi agar bisa menampung pasien COVID-19 untuk kategori ringan dan sedang. 

"Meski belum dioperasikan semua, untuk tenaga kesehatan sudah disiapkan mulai perawat hingga petugas keamanan. Tentu nanti itu jumlahnya akan berkembang," katanya Rabu (17/12/2020). 

2. Fasilitas cukup lengkap

RS Darurat Lapangan Malang Beroperasi Besok, Terima 25 Pasien PertamaGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat melakukan peninjauan RS lapangan usai peresmian. IDN Times/Alfi Ramadana

Lebih jauh, Kohar menambahkan bahwa terdapat sejumlah fasilitas penunjang untuk pasien di RS lapangan tersebut. Fasilitas tersebut di antaranya televisi, wifi, CCTV untuk melihat kondisi pasien. Juga disiaplan telefon yang bisa digunakan pasien jika memerlukan bantuan.

Tak hanya itu saja, pada bagian halaman juga disediakan tempat hiburan semacam kafe, jogging track yang bisa dimanfaatkan pasien untuk memeprcepat penyembuhan. 

"Juga ada HI care unit jika ada kondisi pasien menurun," tambahnya. 

3. Sempat dapat tentangan warga sekitar

RS Darurat Lapangan Malang Beroperasi Besok, Terima 25 Pasien PertamaDirektur RSSA yang juga penanggung jawab RS Lapangan, dr Kohar Heri santoso saat menyampaikan sambutan sebelum peresmian RS lapangan. IDN Times/Alfi Ramadana

Pria yang juga merupakan Direktur RS Saiful Anwar itu menambahkan bahwa dalam proses renovasi, sempat ada tentangan dari masyarakat. Tetapi kemudian satgas COVID-19 coba untuk melakukan pendekatan kepada warga. Setelah mendapat informasi secara jelas mengenai peruntukan RS lapangan tersebut, warga bisa memahami dan menerimanya. 

"Sebelumnya juga sudah ada rapat di kelurahan. Alhamdulillah masyarakat menerima kehadiran RS lapangan ini," sambungnya.

Baca Juga: Khofifah Pastikan RS Lapangan Malang Beroperasi 10 Hari Lagi 

4. Tinggal final check

RS Darurat Lapangan Malang Beroperasi Besok, Terima 25 Pasien PertamaKamar perawatan yang tersedia di RS darurat lapangan Idjen Boulevard. IDN Times/Alfi Ramadana

Setelah diresmikan, terlebih dahulu RS lapangan tersebut bakal dilakukan disinfektasi terlebih dahulu agar semua ruangab steril. Setelah itu bakal dilakukan pengecekan kelengkapan yang terakhir sebelum bakal dimasuki pasien COVID-19 dengan gejala ringan hingga sedang mulai Kamis (17/12/2020). Tercatat sudah ada 25 pasien yang bakal masuk pada hari pertama RS lapangan beroperasi. 

"Hari ini akan dilakukan final check. Besok mulai beroperasi," tandasnya. 

Baca Juga: Rumah Sakit Darurat Lapangan Malang Mulai Beroperasi Pekan Depan  

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul RS Darurat Lapangan Malang Mulai Beroperasi Besok  

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya