Comscore Tracker

Hafalkan Tuas Transmisi Mobil Matic, Agar Lancar di Jalan

Salah posisi bisa bikin gearbox jebol, lho!

Jakarta, IDN Times - Mengendarai mobil matic memang lebih mudah dibanding mobil manual. Sebab kamu gak perlu lagi memindahkan tuas porsneling dan menginjak pedal kopling untuk mengganti gigi. Cukup injak pedal gas dan rem saja.

Tapi mobil matic juga memiliki tuas transmisi. Tuas tersebut memiliki kombinasi huruf dan angka, seperti P-R-N-D-2-L. Masing-masing huruf dan angka tersebut punya fungsi masing-masing, lho.

Nah, berikut penjelasan masing-masing huruf dan angka pada tuas transmisi mobil matic.Jangan sampai salah menggeser posisi tuas transmisinya, ya!

1. Arti huruf dan angka pada tuas mobil matic

Hafalkan Tuas Transmisi Mobil Matic, Agar Lancar di Jalanlittletonautorepairs.com

Pada tuas transmisi mobil matic biasa terdapat angka dan huruf  P, R, N, D dan L. "P" berarti Parking  atau digunakan saat posisi parkir. Sementara "R" berarti "Reverse". Pindahkan tuas transmisi ke posisi "R" jika ingin memundurkan mobil.

Selanjutnya "N" yang berarti "Netral". Kamu bisa memindahkan tuas porsneling ke posisi "N" jika mobil dalam keadaan berhenti untuk waktu yang tidak terlalu lama. Sedangkan "D" memiliki arti "Drive" yang berarti mobil siap digunakan digas.

Lalu yang terakhir huruf "L" yang artinya merupakan "Low". Kamu bisa memindahkan transmisi ke posisi ini jika sedang melahap tanjakan yang cukup curam.

Sementara angka-angka yang terdapat pada tuas transmisi, seperti "1" dan "2" berfungsi seperti "D". Namun biasanya posisi "1" dan "2" hanya digunakan saat mobil harus melewati tanjakan atau turunan. Posisi "1" dan "2" mirip posisi "L".

Selain itu juga ada fitur "Shift Lock". Fitur ini berfungsi melepas pengunci tuas transmisi sehingga dapat dipindah ke posisi N saat mesin mati. Shift Lock sangat bermanfaat saat parkir pararel, sehingga mobil bisa didorong-dorong untuk menggesernya.  

Baca Juga: Asal Usul Mobil Matic, Ternyata Berawal dari Kereta Tidak Berkuda

2. Sebaiknya menginjak pedal rem terlebih dahulu sebelum memindahkan tuas transmisi ke posisi "D"

Hafalkan Tuas Transmisi Mobil Matic, Agar Lancar di Jalanholtsauto.com

Saat memindahkan tuas transmisi dari posisi "P" ke "D" untuk memulai perjalanan, sangat disarankan menginjak pedal rem. Setelah tuas berada di posisi "D", lepaskan rem secara perlahan. Sebab banyak driver yang langsung memindahkan tuas transmisi dari P ke D tanpa menginjak pedal rem. Kebiasaan ini, jika sering dilakukan, akan berdampak buruk pada transmisi mobilmu.

Baca Juga: 5 Teknologi Ini Bakal Mengubah Tren Mobil, Goodbye Mobil Bensin!

2. Posisi tuas transmisi saat macet

Hafalkan Tuas Transmisi Mobil Matic, Agar Lancar di JalanANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Saat terjebak kemacetan, jika mobil harus berhenti cukup lama, sebaiknya pindahkan transmisi ke posisi "N" lalu tarik tuas rem tangan. Namun jika mobil masih bisa berjalan meski merayap, kamu bisa mempertahankan tuas transmisi di posisi "D". Jangan memindahkan tuas ke posisi "P" saat macet, ya. Sebab cara ini akan merusak gigi mobil matic.

3. Agar mobil bisa lincah

Hafalkan Tuas Transmisi Mobil Matic, Agar Lancar di JalanCannonhonda.com

Banyak yang mengira mobil matic tidak selincah mobil manual. Tidak sepenuhnya benar. Sebab mobil matic juga bisa lincah, lho. Bahkan kamu juga bisa merasakan sensasi engine brake yang biasa ditemukan pada mobil manual.

Caranya pindahkan tuas transmisi ke posisi M 1 atau D 1-2. Dengan begitu mobil akan melaju dengan gigi rendah sehingga lebih responsif. Posisi tersebut juga akan memberikan sensasi engine brake. Posisi D 1-2 juga bisa kamu gunakan untuk melahap tanjakan yang cukup curam. 

4. Cara parkir yang benar

Hafalkan Tuas Transmisi Mobil Matic, Agar Lancar di JalanIlustrasi lahan parkir. telegraph.co.uk

Saat hendak parkir, sebaiknya jangan langsung memindahkan tuas transmisi dari "D" langsung ke "P". Tapi pindahkan tuas dari "D" ke "N" terlebih dahulu. Diamkan selama beberapa detik, kemudian baru pindahkan tuas dari "N" ke "P".

Setelah tuas berada di posisi "P", silakan menarik atau mengaktifkan rem parkir dan mematikan mobil. Dengan cara tersebut, transmisi matic pasti akan lebih awet. Oya, satu hal lagi yang harus diingat, jangan pernah memindahkan tuas ke posisi "P" sebelum mobil berhenti secara sempurna.

Baca Juga: Yakin Mau Membeli Lamborghini Huracan? Ini Rincian Biaya Perawatannya 

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya