Comscore Tracker

Permasalahkan Potret Jenazah COVID-19, Wiku Diminta Ralat Ucapannya

Selama dilakukan untuk kepentingan jurnalistik, sah saja

Jakarta, IDN Times – Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat menyesalkan pernyataan KetuaTim Pakar Gugus Tugas Penanganan COVID-19, yang sekarang menjadi Juru Bicara Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Wiku Adisasmito. Ia menyebut bahwa menyebarkan foto jenazah pasien COVID-19 adalah tindakan orang tidak beretika.

“Seharusnya Pak Wiku lebih berhati-hati dalam menyampaikan pendapatnya. Apalagi terkait hal-hal yang bukan kompetensinya. Akan sangat berbahaya jika jurnalis dibatasi dan tidak bisa memotret informasi terkait jenazah COVID-19," ucap Sekjen PFI, Hendra Eka dalam siaran tertulis, Selasa (21/7/2020).

Baca Juga: Dikecam PFI, Anji Akhirnya Minta Maaf soal Foto Jenazah COVID-19

1. Wiku diminta meralat pernyataannya

Permasalahkan Potret Jenazah COVID-19, Wiku Diminta Ralat UcapannyaPFI Medan bersama XL Axiata saat pembagian masker hingga vitamin (IDN Times/Dok. Istimewa)

Menurut dia, selama pemotret jenazah COVID-19 dilakukan dalam konteks jurnalisme, maka hal itu sah-sah saja. "Karena tidak sembarang orang bisa mendapatkan akses dan bisa memotret untuk keperluan editorial di tempat berbahaya," ucap Hendra.

"Sebagai perwakilan mata dan telinga publik, jurnalis juga selalu mengemukakan informasi untuk kepentingan publik,” tambah Hendra.

PFI berharap Wiku dapat meralat perkataannya yang dianggap kurang tepat itu.

2. Penyanyi Anji sudah minta maaf atas perkataannya

Permasalahkan Potret Jenazah COVID-19, Wiku Diminta Ralat Ucapannyainstagram.com/duniamanji

Sementara itu, PFI telah mendapatkan klarifikasi dan permintaan maaf dari penyanyi Erdian Aji Prihartanto alias Anji.

“Anji sudah meminta maaf langsung dengan menelepon saya dan menepati janjinya dengan meminta maaf secara terbuka di Instagram, PFI menerima permintaan maafnya,” jelas Hendra.

3. PFI berharap tidak ada yang mempolitisir polemik

Permasalahkan Potret Jenazah COVID-19, Wiku Diminta Ralat UcapannyaIlustrasi. Dok.IDN Times/Istimewa

PFI juga telah menghubungi Joshua Irwandi terkait permintaan maaf Anji. “Saya kira cukup sampai di sini, saya menerima dengan tulus permintaan maaf dari Anji, dan semoga hal serupa tidak terulang,” jelas Joshua.

PFI berharap dengan selesainya masalah ini, tidak ada lagi pihak-pihak yang mempolitisir
atau menunggangi polemik ini, mendiskreditkan profesi pewarta foto, dan bisa lebih menghargai karya-karya foto jurnalistik.

Baca Juga: Pertanyakan Kebenaran Foto Jenazah COVID-19, Anji Dikecam PFI 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya